Posted in anak, parenting

Hai lagi semuanyaaaa….

Ini Ashero junior mau cerita lagii..

Beberapa minggu yang lalu, Mama buat janji di RS yang letaknya ada di Jl Kaliurang. Kata Mamahde Woelan, disitu alat USG 4Dnya bagus dan charge USGnya terjangkau sekali. Setelah sampai disana jam 10.30 dan menunggu beberapa menit, akhirnya Papa Mama masuk ke ruangan dokternya dan Mama langsung berbaring di tempat periksa.

Dokter mengoles gel yang dingiin banget di perut Mama, terus mulai deh ada alat yang bergerak-gerak di perutnya Mama. Aku sudah tertidur dengan posisiku meringkuk nyaman di perut Mama. Soalnya tadi pagi, Mama sudah kasih sarapan enak dan aku kenyaang sekali. Udah gitu, Papa nyetirnya pelan-pelan sambil pasang AC dan disetelin musik yang enak buat didengerin. Makanya aku sudah bobo pas sampai di RS. Jadi, Dokter tidak bisa melihat mukaku dengan baik karena aku masih sungsang dan posisiku meringkuk dengan kepala menunduk, udah gitu tangan dan kaki menutupi mukaku. Terus Mama diminta miring kiri biar Dokter bisa lihat mukaku dengan jelas. Tapi aku masih asyik bobo meringkuk, jadi akhirnya Dokter melihat bagian tubuhku yang lain saja..

Kata dokter, tali plasentaku juga bagus, posisinya tidak melilit badan atau leherku. Terus, bagian bawah pantatku disorot sama dokter, akhirnya menara dan skrotumku terlihat jelas sama dokter, jadi dokter bisa pastikan aku ini jagoannya Papa. Sampe sini Mama Papa senyum-senyum sambil bilang “Alhamdulillah..”. Walaupun Mama selalu bilang aku cowok atau cewek sama aja, tapi katanya kalo cowok kan nanti bisa lindungi dan jadi contoh yang baik buat adek-adekku, kaya Papa gitu..

Setelah lihat bagian tubuhku yang lain, dokter kembali fokus ke mukaku. Aku masih ngantuk banget dan kedua tanganku aku tutupin muka supaya aku bisa tidur lagi. Dokternyapun jadi gemas. Dan mulai deh kejar-kejaran alat USG dengan posisiku agar Papa, Mama dan Dokter bisa melihat mukaku seperti apa. Akhirnya dokter berhasil juga mengabadikan mukaku. Tentunya dengan susah payah. Hihihihi, gapapa deh ngerjain dokternya sedikit. Naah ini dia mukaku. Coba tebaak.. aku mirip siapa hayooo?

Setelah itu, dokter mengukur beratku, ternyata beratku sekarang hampir 2 kali lipat bulan lalu. Aku yang berumur 28 minggu ini sekarang beratnya jadi 1257 gram. Kata dokter beratku normal dan sesuai dengan umurku sekarang. Dan berarti semua makanan yang masuk ke Mama lari ke aku semua. Ya iyalah, kan setiap makan Mama selalu bilang, “Mama abis maem ini sama itu (selalu disebutin satu-satu), dihabisin ya sayang, maemnya buat Adek semua..”

Sepulang dari USG, dirumah Akung Noor sudah menunggu Akung, Uti dan para Tante. Karena semuanya sudah pada tebak-tebakan aku ini cowok apa cewek. Dan begitu tau aku cowok, semua langsung bertepuk tangaaan.. Akung Noor malah langsung teriak “cihuuuuiiii!!”gitu. Ehehe..kayaknya semua senang banget ya Ma..

Karena jadwal periksanya dua minggu sekali, hari Sabtu kemaren Mama ke Pak Dokter lagi. Waktu itu Mama khawatir, karena takut posisiku masih sungsang. Setelah Papa Mama masuk ke ruang periksa, suster mengukur tekanan darah dan berat badan Mama. Semuanya baik, berat badan Mama pun kenaikannya tidak sebanyak sebelumnya.

Setelah itu, pak Dokter dengan santai menyapa Papa Mama dan bertanya kondisi Mama. Pak Dokter bilang kalau aku cegukan itu tandanya sehat karena sedang melatih paru-paru dan diafragma ku. Terus Mama menjelaskan posisi tendangan dan cegukanku. Abis dicek, ternyata posisiku sudah betul, kepala sudah dibawah. Mama langsung lega.. Tuh Ma, makanya jangan khawatir, aku baik-baik aja, aku kan anak pintar seperti kata Mama..

Aku kembali dilihat pake USG, dari kepala sampai kaki. Kata Pak Dokter sih mataku sipit. Sampai sini Mama ketawa, “iya kan, adek tuh Papa banget” kata Mama. Hidungnya mungil (hum, kayanya Mama gak terima aku dibilang pesek, walaupun Pak Dokter cuma becanda) kaya hidung Mama gitu. Mama juga gemes banget liat pipiku yang gembil. ^.^ Terus Pak Dokter lanjut ke paru-paru, jantung, lambung, tulang belakang dan organ-organ dalam yang lain, terlihat normal dan sehat kata pak Dokter. Alhamdulillah..

Terus Pak Dokter mulai mengukur Femur atau tulang pahaku. Mulai deh Papa becanda soal Femur, Pak Dokter aja sampai ketawa. Papaku itu lucu banget sih. Selain itu Pak Dokter juga mengukur diameter kepala dan perutku. Di umurku yang 31 minggu ini beratku sudah mencapai 1740 gram. Wah, sesuai perkiraan kita ya, Ma.. Kata Pak Dokter juga sudah normal, bagus, kalo dipertahankan seperti ini kemungkinan aku nanti lahir dengan berat sekitar 3,3 – 3,4 kg. Wah kalau yang ini, semuanya menang karena tebakannya betul, soalnya aku endhud kaya Papa.. Hehehe..

Selain itu Pak Dokter cek posisi plasenta dan ketubannya, katanya gak ada masalah, bagus.. Dokter cuman kasih saran ke Mami untuk tetap konsumsi protein dan makan lebih banyak. Oh, dan Mama diminta juga untuk tetap ikut senam dan banyak jalan-jalan (senangnya Mama..) katanya supaya kepala aku turun ke panggul Mama.

Yah sekian deh, cerita perkembanganku sampai di minggu ke 31 ini. Mama kayaknya sudah semakin siap-siap melanjutkan belanja buat keperluanku nanti, dari bulan lalu Mama sudah mengincar beberapa barang yang mau dipesan online dan sudah buat rencana jalan-jalan dan belanja kesana-kesini..
Tante, Om, Mahde, Pahde, doakan aku selalu sehat dan kuat ya.. Aku masih betah nih di perut Mama. Kata Mama, aku harus banyak makan & minum, banyak olahraga, latihan bernapas dan sebagainya. Belum lagi belajar matematika sama Mama, terus dengerin musik dan baca cerita. Oh iya, satu lagi tugas dari Papa, aku harus temenin dan jagain Mama terus. Jadi, tunggu aku sampai April ya.. Pada saat itu aku baru siap untuk melihat dunia.. Amiiin…

*again, re-post from fb notes, written February 17th, 2010

 

 

 

Author:

🇮🇩 in 🇳🇱 • wife&mom 👪 • parent teacher 🏫 • seasonal shopaholic 👜👠 • bookworm 📖 • dramafreak 🎬• bigeater 🍝🍣🍰 • aspiring blogger 📝

Leave a Reply

