Posted in office, training

Diklat Amdal Penilai

*sebul-sebul debu* Hihihi, lama juga ga nulis ya ternyata.

Ceritanya banyaaak, dunia per-diklatan aja dulu ya, yang bosen silahkan di skip๐Ÿ˜€

Jadiii.. ceritanya beberapa waktu yang lalu, saya ikut salah satu diklat dasar di bidang lingkungan hidup (ciyus??) Diklat Analisis Mengenai Dampak Lingkungan namanya, biasa disingkat AMDAL. Fyi, diklat ini terbagi menjadi Diklat AMDAL Dasar, AMDAL Penyusun dan AMDAL Penilai. Saya ikut yang AMDAL Penilai karena kenapa ya? Udah lupa. Haha. Karena Komisi AMDAL Penilai ada di instansi lingkungan hidup, maka dari itu diperlukan tim teknis yang sudah punya Sertifikasi Penilai AMDAL. Cieehhh.

Image

Diklatnya sendiri bagaimana? Lumayan lama, 15 hari, dari Senin-Sabtu jam 07.30-17.00. Pesertanya banyaak, sampe 50 orang. Seru, karena AMDAL sendiri adalah kajian ilmiah dari berbagai ilmu, jadi berbagai aspek seperti Geo-Fisik-Kimia-Biologi-Sosial-Ekonomi-Budaya-Kesehatan semuanya ada di perkuliahan. Mulai dari kebijakan, peraturan, pengetahuan dasar AMDAL sendiri, lalu Dampak dan Metode MPAD aspek-aspek tersebut, sampai ke Tata Cara Penilaian seeemuanya ada. Mumet lah pokoknya. Karena bisa jadi, dalam satu hari, barusaja diajari cara menghitung indeks vektor penyakit (misal jumlah lalat atau nyamuk setiap satu jam โ€“ kebayang ga gimana ngitungnya?? ^__^) setelah itu langsung ke valuasi ekonomi satu luasan hutan. Hih. Mana disela-sela diklat, tetep dapet telpon, kunjungan, email, kerjaan dari kantor tak henti-henti. Henti, dong! Mau konsentrasi nih. Hiks.

Tapi seru memang, artinya pada saat memang terasa berat dan beban bagi saya, karena saya mencoba memahami SEMUANYA. Mencoba mengerti semuanya. Dan ternyata itu tidak mungkin, seperti kata dosen saya, tidak ada yang namanya AHLI LINGKUNGAN, yang ada adalah ahli yang memiliki spesifikasi ilmu tertentu. Dan kami para peserta tidak dituntut untuk memiliki tingkat pemahaman sekelas para ahli. Legaaaa๐Ÿ˜€ Jadi lebih kepada mendudukkan sesuai posisi dan fungsinya masing-masing, kira-kira begitulah. Paling rame saat diskusi penilaian dokumen AMDAL, kebetulan kelompok saya termasuk kelompok praktisi yang super kritis dan semuanya expert di bidangnya. Saya aja yang anak bawang๐Ÿ™‚

Image

Tapiiii tetap aja jantungan begitu ujian, sampe saya mbatin udah tua begini masih juga bisa deg-degan pas ujian๐Ÿ˜€ (Ujiannya dua kali : tertulis dan lisan. Dan asal tau saja, yang mengulang sekitar 10-30% dari jumlah total peserta loh). Jadi beban moril, secara diklatnya di kampus almamater saya. Pengajarnya para dosen saya yang sampe sekarang kalau ada acara masih sering kita libatkan sebagai perwakilan akademisi. Terus yang dibahas adalah kebijakan dan produk peraturan dari instansi saya. Malu dong kalau sampe gak lulus. Belajar? So pasteeee.. coba nih tengok, jadi setelah si bocah bobo, saya langsung buka buku dan sebisa-bisanya memasukkan isi peraturan ke dalam kepala.

Image

Kesimpulan, Diklat di PSLH UGM itu serius. Pake huruf besar. Hihi. Serius kok. Materinya bagus, pengajarnya baik, panitianya sabar, walau jamnya padat, tugasnya banyak, makanannya enak, suasananya juga kuliah banget.

Image

Alhamdulillah, lulus tanpa mengulang. Alhamdulillah nilainya bagus, walau masih terbersit โ€˜having 9 is not good enoughโ€™.. haha. Alhamdulillah dapat penghargaan terbaik kedua, setelah perjuangan berdarah-darah, eh begadang-gadang di hari-hari terakhir diklat. Alhamdulillah, atasan kasih ijin ditengah-tengah deadline kerjaan yang lagi edan. Alhamdulillah dapat baaaanyak sekali teman, sahabat dan saudara baru di penjuru Indonesia๐Ÿ˜€ Dan teman-teman saya semuanya asik, baik dan luar biasa! Wondering kapan bisa ketemu mereka lagi, hopefully soon yah.. Terima kasih, terimakasih, terimakasih Ya Allah..๐Ÿ˜€

Image

Image

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s