Posted in health, me

Faringitis Akut

Pengalaman ini dimulai tahun kemarin, dimana semakin hari saya makin ketergantungan produk obat FC Tr*ches dan berbagai pelega tenggorokan. Sebabnya, radang seriing banget mampir ke tenggorokan saya dan akhirnya setelah melalui pertemuan dengan berbagai dokter saya dikasih tau untuk coba ke salah satu dokter spesialis THT di Jalan Kaliurang. Dokter Bawono namanya, praktek di Apotik Astuti setiap malam (kecuali hari minggu). Kami (para pasiennya-red) panggil dia dokter Bonnie. Pada intinya dalam jangka waktu 6 bulan di tahun 2012 saya udah balik ke dia sekitar 4 kali. Setelah lihat medical record saya, beliau bilang, “Umumnya orang kena radang tenggorokan itu setahun dua kali, pas ganti musim. Kamu ini dua bulan sekali kesini”

Dan dimulailah observasi panjang tentang penyebab radang tenggorokan, yang ditulisnya faringitis akut di medical record saya. Masih disekitar leher ke atas sakitnya. Ohya, pas nentuin jenis obat untuk radang saya, dia juga mengobservasi dari 7 varian antibiotik, saya udah persisten alias kebal terhadap 3 jenis, jadi kaga mempan walo kena antibiotik dengan dosis tinggi. Oalah pantes bolak balik RS gak sembuh-sembuh jek. Udah gitu, radang ini termasuk kategori parah, sensasinya macam kita nelen duri ikan, sakit cekit-cekit parah dari leher bawah sampe deket kuping. Buat nelen ludah berasa ada kebakaran hutan disana. Kalo buat makan sampe nangis saya. Setelah melist berbagai obat yang pernah dikonsumsi sampailah dia ke satu jenis obat yang mempan banget di saya. Tapi ya itu, tiap dua bulan kambuh lagi kambuh lagi..

Dan bulan Maret 2013 kemarin, saya kembali periksa dengan salah satu gejala kambuhan sejak smp, suara saya ilang! Dan ini terjadi tanpa demam, tanpa batuk dll. Tautau ilaang aja. Apa sebabnya? Ternyata (kemungkinan) karena maag saya. Karena setelah dilihat, iritan justru dari dalam. Produksi asam lambung berlebih menghasilkan gas asam yang naik dan terus menerus melukai pita suara. Jadi pita suara ini menjadi korban dari mekanisme fisiologis asam lambung itu sendiri. (halah) Kali ini yang hilang pita suara, yang diterapi lambungnya๐Ÿ˜€ kayanya gak nyambung ya, tapi setelah terapi sebulan alhamdulillah so far memang saya ga sakit lagi tuh (mudah-mudahan beneran sembuh, amiin).

Berikut beberapa tips dari dokter Bonnie terkait radang tenggorokan :
1. Selalu minum air putih setidaknya 12-14 gelas sehari, terutama kalo berada di ruangan AC yang ga kerasa gerah tapi bikin kering
2. Kalo mulai berasa tenggorokan ga enak, kumur air garam. Ambil air anget se gelas belimbing, kasih garam 1/4 sdt, jadi konsentrasinya pas dan dipake kumur kumur kumur
3. Kalo ditambah idung mampet, rebus air masukin cangkir trus uapnya dihirup kira-kira 15 menit di pagi hari, dimana setelah bangun pagi para (maap) lendir membeku, jadi uap akan bantu agar lendirnya mencair
4. Kalo masih sakit juga, kumur pake Tantrum Verde, sehari 2x 1 sdm. Maksimal pake 7 hari.
5. (ini yang susah) Satu jam setelah makan, duduk yang tegak jangan tidur (hiks, padahal ngantuk T-T)
6. Ketika tidur, tumpuk bantal 2 di bawah kepala, membuat sudut kira-kira 30′ jadi gas asam lambung tidak bolak balik ke tenggorokan (bakal pegel)
7. Ketika keluar [bagi saya tiap tahun uji emisi kendaraan bermotor karena ini tugas negara yang tak terhindarkan] dimana selama berhari-hari terpapar polusi sekian ribu motor dan mobil, pakailah masker kalo yang biasa (putih ijo) pakai rangkap dua satu dicetak di hidung dan satunya dicetak di dagu atau pakai masker khusus ala penjahat di pilem pilem.
8. Kalo sampe ilang suaranya, VOICE REST! jangan dipaksa buat nyanyi karaokean.
9. Kalau memang disertai demam, sakit teramat sangat, SOP terakhir adalah waktunya ketemu dokter Bonnie. Hihihi.

Review tentang dokter Bonnie : orangnya enak, konsultasi bisa lama dan bisa ngomongin apa aja (tentang kesehatan lho ya). Dese gak sembarangan dikit dikit kasih obat apalagi antibiotik. Banyak kasih tips terapi alami dan kalo tidak parah akan recomend istirahat jadi biar self healing gitchu. Very recomended deh cin. Tapi saya lebih recomend kalian jaga kesehatan jadi gak usah sering-sering ketemu dokter macam saya. Haha.

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

6 thoughts on “Faringitis Akut

  1. saya nyari2 tentang radang tenggorokan yg sering ilang tinbul sejak 6 bulan blakangan ini,, ketemu blog ini,, hehe,, kalau saya awalny memang dr asam lambung yg naik (gerd) kata dokter penyakit dalam lalu kena amandel, sembuh, kena suara hilang,, amandel lagi, dan baru beraniin ke dkter tht, dia bilang ini faringitis bukan amandel,, tp dia g yakin kalau ini dikarenanin asam lambung karna katanya saya masih muda,, sekarang sih gak sakit2 amat gak seperti dulu yg seperti ditusuk2 duri tp cuma kayak ada yg aneh ada di tnggorokan (kering),, sekarang dah sembuh mbak sakit tenggorokannya ?, gak pernah kambuh lagi ?,, ada saran sama saya mbak ? Kalau bisa saya minta akun facebooknya mbak,, biar bisa nanya2,, karna sy kadang kawatir bgt kalau dah tnggorokan kering2

    1. Salam kenal Hamzah,
      terapi asam lambung saya selama sebulan. rekan saya (dengan level asam lambung lebih parah) diterapi selama 3 bulan.
      saya sekarang sudah membaik, alhamdulillah, tapi mungkin juga saya lagi di Belanda (walau disini jauh lebih kering dan dingin, tapi udara juga bersih) jadi sampai saat ini sih saya tidak kambuh lagi faringitis nya, paling kalau lagi nekat minum dingin atau makan gorengan agak banyak :p trus berasa mau sakit, langsung diterapi sendiri banyak minum air putih dan kumur air garam, ditambah minum vitamin, lumayan nggak jadi sakit..๐Ÿ˜€
      saran paling mudah ya itu banyakin minum, minimal 14 gelas sehari (yang susah banget prakteknya) tapi dicoba aja kalau saya setiap setengah jam coba ingat minum air beberapa teguk supaya menjaga tenggorokan tidak kering.. kalau suara hilang (tanpa demam tanpa batuk) cukup voice rest dan istirahat saja.. Tapi kalau levelnya sudah sampai sakit dan sangat menyiksa, atau berulang terus, mungkin saya sarankan ke dokter agar diobati dan diobservasi lebih lanjut. Semoga lekas sembuh ya๐Ÿ™‚

  2. terapi asam lambungnya gimana yaa mbak,, itu kumur2 dengan air garam,, air nya sebanyak mana ?, segelas belimbing maksudnya apa ya mbak ?,, jadi ksimpulannya bakalah kambung terus ya ?, saya baca di artikel kan mbak kalau sering2 iritasi karna asam lambung bisa kanker,, jadi phobia saya mbak..

  3. oh maaf mungkin jawaban saya agak membingungkan ya๐Ÿ™‚ terapi asam lambungnya saya ke dokter tht, lalu diberi obat minum selama satu bulan.. dan diobservasi selama sebulan tersebut. termasuk berubah gaya hidup, maksudnya makanan (asam dan pedas, termasuk kopi) di stop dulu, lalu setelah makan jangan langsung tidur tapi diberi jarak 1 jam dulu. termasuk ketika tidur tidak berbaring lurus tapi disangga bantal 2 supaya memberi sudut agar gas dari asam lambung tidak langsung naik ke tenggorokan.
    kumur air garam kalau gejala faringitisnya terasa mulai kambuh, seperti perasaan sulit menelan atau batuk atau suara mulai hilang. gelas belimbing maksudnya gelas kaca kecil sekitar 125mL.
    kalau untuk bakalan kambuh terus saya rasa tergantung masing2 ya, saya sendiri setelah berobat dan mengikuti anjuran dokter, alhamdulillah sekarang membaik dan jarang kambuh lagi faringitis nya.
    kalau untuk artikel tersebut saya belum pernah baca sih, tapi saran saya mending ditanyakan ke dokter saja๐Ÿ™‚

Leave a Reply

