Posted in master, persiapan

ADMISSION LETTER / LETTER OF ACCEPTANCE (LoA)

Naah, setelah posting sebelumnya tentang persiapan saya (pribadi) terkait TOEFL-IBT, maka di postingan kali ini saya akan share langkah selanjutnya yakni mendapatkan Admission Letter, a.k.a Letter of Acceptance atau LOA saya.

Tentang passion study, saya punya main reason kenapa saya memilih Eropa khususnya negara Belanda. Akan saya ulangi bahwa suami saya telah diterima sebagai PhD candidate di tempat yang saya sebutkan tadi. Offkors ini memudahkan saya juga, jadi saya skip memilih negara, kota dan uni tertentu (pokoknya sama dengan suami :D). Tinggal mencari jurusan dan program studi yang eligible bagi saya.

Untuk informasi berbagai program studi di Belanda salah satunya bisa ke website http://www.studyinholland.nl/ trus ke study options > studyfinder atau langsung masuk ke http://www.studyfinder.nl/.ย  Di web studyinholland ada berbagai informasi mengenai berbagai alasan memilih studi di Belanda, education system, beasiswa yang ada, practical information tentang housing, visa, permit dsb, bahkan sampai checklist persiapan dari awal (memilih program studi) sampai akhir (persiapan sebelum keberangkatan). Web studyfinder sendiri merupakan database tentang courses di Belanda, seluruhnya ada sekitar 1700 program studi yang tersedia, bisa di sort berdasarkan tipe institusi, kota, kualifikasi (D3, S1, S2, S3 dll) atau tipe edukasinya (misal short course, summer course, dan sebagainya).

Image

Saya memilih untuk mencoba ke University of Twente (UT) yang letaknya di kota Enschede. Beberapa yang menarik saya diantaranya Environmental & Energy Management, Environmental Modelling & Management, Chemical Engineering, Water Resources Management dan Natural Resources Management. Waktu studinya bervariasi antara 12 โ€“ 24 bulan. Naah, puyeng gak tuh๐Ÿ˜†

Puyengnya karena semuanya menarik dan tentunya pilihan tersebut berdasarkan pertimbangan yang ada, misalnya background studi sebelumnya (S1) atau bidang kerja yang ditekuni saat ini. Setelah melalui hujan badai, laku prihatin di kali Code, sampe sholat istikhoroh๐Ÿ˜† berbagai diskusi dengan suami, guru, senior, dan course director di UT maka pada akhirnya saya memilih Natural Resources Management๐Ÿ˜†

Bagi yang tertarik seperti saiah silakan masuk ke web http://www.utwente.nl/en/ tepatnya ke http://www.itc.nl/ dan mulailah ikuti prosedur apply online yang ada. Nantinya akan ada email untuk confirm registration. Setelah confirm barulah kita bisa mengakses account kita dan memulai course application. Dokumen yang perlu diupload seperti ijazah -yang sudah ditranslate cencunya-, transkrip, ID (KTP/paspor) dan English Level Proof seperti TOEFL/IELTS (dalam bentuk jpeg, gif, png and pdf. maximum ukuran file 1 MB). Kalau sudah sampai tahap ini, maka tahap berikutnya adalah berdoa.๐Ÿ˜† Oia, data account/profile kita juga bisa diupdate loh๐Ÿ™‚

ImagePas admission letter nya udah jadi, maka saya dikasi email notification yang isinya LOA bisa didownload melalui account tadi. Dan inilah diaaโ€ฆ *jeng-jeng-jeeeengg*

ImageOia, jadi LOA ini biasanya disertai dengan Invoice, kebetulan punya saya terdiri dari Tuition Fee, Additional Costs, Insurance dan Living Allowance. Invoice ini ada masa berlakunya, jadi kita musti bayar sampe tanggal tertentu. Kalo pada tanggal tersebut belum bayar ada kejelasan pembayaran, maka LOA bisa hangus dan kita harus mendaftar ulang. Begicu๐Ÿ˜‰

Gimana ceritamu? Feel free to say or share yaa๐Ÿ˜€

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

7 thoughts on “ADMISSION LETTER / LETTER OF ACCEPTANCE (LoA)

  1. Asalamualaikum ibuuuuu. sya ratih dr UNY bu..slam kenAal :)…
    sore ini saya gunakan untuk googling soal beasiswa s2 ke luar negeri walaupun sya sekarang masih semester 5 tapi sya punya impian untuk melanjutkan study sya di luar negeri hehehe . dan alhasil Allah mempertemukan saya dengan blog ibu ini. sya baca dan cermati .
    Tau ga bu sangat indah sekali membaca dan melihat fto fto ibu pas di Belanda.. aaaaaaa mau banget hehehe
    sya kmren baru pulang dr thailand n mlaysia bu ad sit in program slama 10 hari. dari situ semakin menambah sya ingin cept lulus kemudian mnikah kuliah s2 d luar negri lulus lagi dan mnjdi dosen.hehehe . sya mau tanya bu. kira kira negara atau univ mana ya bu yang kemungkinan beasiswanya gampang . soalnya sya terkendala kyakinan apkah mgkin bisa lnjut ke luar negri ato tidak .. gmn ya bu solusiny? trimakasih๐Ÿ™‚

    1. Waalaikumsalam Ratih, wah sama2 dari jogja ya.. salam kenal juga๐Ÿ˜€
      Bagus sekali ya Ratih sudah banyak pengalaman ke luar negeri.. bisa sedikit memberi gambaran seperti apa suasana ‘belajar’ di luar Indonesia.. Untuk kesempatan ke luar negeri inshaAllah selalu ada, dan memang tidak gampang.. Kamu bisa mulai browsing umtuk mencari informasi beasiswa s2 luar negeri untuk ‘fresh graduate’ misalnya dari LPDP (salah satu rekan saya disini penerima beasiswa LPDP), atau bisa cek di website Neso seperti OTS, atau yang ke Australia, Asia dsb. Yang pertama mesti dipersiapkan untuk ke luar negeri adalah persyaratan kemampuan berbahasa Inggris, sesuai dengan universitas/Negara yang dituju (TOEFL, IELTS, dsb). Kalau masih ada yang ditanyakan, feel free to contact me๐Ÿ™‚
      Good luck!

  2. Hi mb Padma, salam kenal saya Rosa, dari jogja juga *tosss*
    Aku bakal ngubek2 blog mbak Padma nih. Ngepas banget isinya ttg studi master, dan saya uga mau nyasar Eropa. Kalau ada yg ingin kutanya2, nanti kujapri gpp ya mbak..hehe.. makasih…

    1. Hai Rosa, salam kenal juga, oh samasama wong yojooo *tosss*
      Silakan, emang blog nya buat diubek-ubek, semoga bisa ngasih sedikit informasi yang dibutuhkan. Japri boleh, disini boleh juga. Sukses selalu yaa๐Ÿ˜€

Leave a Reply

