Posted in Enschede, hidup di belanda, rumah

Housing di Enschede: de Stadsweide

 

Hola halo! Kali ini, keinginan share lagi adalah untuk share tempat tinggal kami di Enschede.. *penting* dan keinginan yang sangat besar ini justru datang disaat deadline statistic assignment (=distraction) *nangis*

Okelah. Untuk saat ini marilah kita turuti T-T

Saya tinggal di City of Enschede yang terletak di Overijsel Province, di bagian paling timur Belanda yang berbatasan langsung dengan Jerman. Kalo jij masih bingung silakan klik google map. Menjadi salah satu GIS student tidak membuat saya mudah menjelaskan dimana saya berada (protes=jambak)😆

Lanjut!

Pilihan housing di sini tak jauh beda dengan kos2an di Indonesia. Ada student housing (asrama/ hotel), apartemen/rumah (bagi keluarga). Posisi (misal di lingkungan kampus atau city center), luasan dan akses menentukan harga, selain itu fasilitas seperti full furnished (perabot tersedia).

Bagi master student di ITC, wajib (6 bulan pertama) tinggal di ITC Hotel (saya pengecualian), info www.itc.nl/Pub/study/Student-life/Accomodation-IIH. Fasilitas ala hotel sampai cleaning service seminggu sekali, dengan harga ± €450 (2013). Untuk UT student ada student housing di wilayah kampus. Sebagai perbandingan, satu kamar share (1 apartemen berdua) di apartemen Stadsweide € 270-380. Satu kamar di apartemen Macandra, masih sekitar city center berkisar € 250, dengan fasilitas yang jauh berbeda. Sedangkan student housing di lingkungan kampus UT berkisar € 300-470. Kalau mau cek bisa di www.acasa.nl atau www.utwente.nl/internationalstudents/housing/files/UTaccomodation-HR.pdf

ImageKarena saya disini bersama keluarga, maka pilihan kami adalah apartemen atau rumah. Tahun pertama kami dibantu UT International Housing. Kami pilih apartemen yang berlokasi di dekat Centrum, dengan alasan supaya dekat dengan kampus saya (ITC) dan city center (rumah sakit, supermarket, pertokoan :p). Suami lah yang mengalah karena setiap hari mesti bersepeda ke kampus UT sekitar 30 menit sekali jalan.

Apartemen kami bernama De Stadsweide, dengan beberapa tipe. Yang kami tinggali adalah apartemen tipe X1 dengan luas sekitar 60m2 dengan ruangan: foyer, 1 bedroom, 1 bathroom, 1 all-in-one room (living room, dining table, kitchen, workcorner, playcorner), 1 storeroom (tempat jemur dan barang2) dan balcony. Berikut denahnya:

(ya ampun niat banget sih!) *tutup muka*

😆😆😆

Image

Bedroom berukuran ±3×4 m2, sudah berisi ranjang, matras, bantal, bedcover, lampu samping, lemari 1,2m, nakas, console, kursi dan cermin. Bathroom standard sekitar 2.5×2 m2  shower, washtafel dan toilet. All-in-one room set sofa 2-1-1, 2 coffee table, 1 TV liliput 14 inch, 3 table lamp, 1 standing lamp, 1 meja kerja, 1 rak buku, 1 brankas mini, 1 kursi, 1 set dining table 4 kursi, kitchen set, kulkas, kompor, jemuran dan vacuum cleaner serta heater di 4 ruang. Gudang 1.5×2 m2. Sebelumnya maap kalo fotonya jebluk, ngambil fotonya pas pagi buta = jam 5 (pas winter, sunrise jam 9). Niat bener *malu*😆 Btw, ini apartemen kami setelah ditata ulang😀

Image

ImageBarang2 pelengkap mesti dibeli sendiri, seperti sprei, selimut, kitchen utensils, rice cooker dan cooking ware, dsb. Yang urgent dan pokok punya: rice cooker, cooking pan & pisau. Piring gelas pertamanya dipinjemin atau dapat lungsuran. Sisanya beli sendiri. Efisien, cukup buat bertiga. Gudang dicukup2in, barang yang sudah tidak diperlukan dikasih atau dibuang. Mesti bebersih seminggu sekali plus cleaning service once a week. Di luar tempat parkir mobil, motor, sama gudang sepeda. 

Jarak 5 menit jalan kaki ke centrum/city center. Bagi saya ini sungguh penting karena segala kebutuhan pokok (sandang, pangan dll) mostly letaknya di centrum. (Tempat belanja akika posting di tulisan tersendiri) Disebelah persis ada MST hospital. Huisaart/GP (dokter saya) letaknya di Veldport juga jaraknya 5 menit bersepeda. Ada atm ING tinggal nyebrang. Kantor polisi sekitar 200meter. Kampus akik 800meter. Kampus suami skitar 2-3 km.

ImageFaktor penting lainnya adalah karpet dan heater. Dimana hampir semua bagian dalam apartemen ada karpetnya, yang non karpet cuma kamar mandi, kitchen area sama storeroom. Heater ada di foyer, bedroom, bathroom sama all-in-one room, dilengkapi penyetel suhu, dan sangat hangat! Me like it! (Bahkan teman2 di ITC hotel pun bilang disini lebih hangat dibanding kamar mereka di hotel) Heater itu sungguh penting temans, apalagi saat winter, kalo jij tidak ingin sakit2an atau ingusan sepanjang winter, pastikan housingnya memiliki heater yang memadai.

Image

 

Safety: ada smoke detector sama CO detector. Tau hal ini sebab pada satu masa ada bunyi bip bip selama 2 hari dan jebul batre CO detectornya hampir meninggal dan sangat berisik waktu koma terpaksa batre kita cabut dan diganti sendiri.  Ada intercom kalo ada temen datang dari luar, kita bisa bukain pintu dari dalem, tinggal pencet sajah! *ndeso*. Oh, untuk apartemen X1 di De Stadsweide, biaya sewanya  €750 per bulan dah termasuk listrik, gas sama LAN/wifi. Overall, disini lumayan bagus lah🙂.

Namun disini kami hanya boleh bertahan sampai tahun pertama  *habis-itu-diusir*😆

Maka untuk sekarang kami mulai mengumpulkan informasi tentang sewa rumah di Belanda, karena apartemen ini habis kontrak akhir Juni, jadi kami akan mulai cari sekitar bulan April. Cerita selanjutnya akan menyusul di bulan Juli. Tot ziens!😀

Author:

🇮🇩 in 🇳🇱 • wife&mom 👪 • parent teacher 🏫 • seasonal shopaholic 👜👠 • bookworm 📖 • dramafreak 🎬• bigeater 🍝🍣🍰 • aspiring blogger 📝

9 thoughts on “Housing di Enschede: de Stadsweide

    1. Hai mas Adenfirdaus, salam kenal🙂
      Setau saya biasanya satu apartemen berdua mas, seperti di Stadsweide yang saya tempati ini, ada tipe X2 yang diisi dua orang. Jadi shared bathroom, kitchen sama ruang tamu. Tapi kamarnya sendiri-sendiri sih. Kecuali untuk suami istri/keluarga seperti saya dapat 1 apartemen dengan 1 kamar. Bisa juga ditanyakan ke pihak International Office-nya Twente dulu.

      Kalau untuk housing di lingkungan kampus Utwente (http://www.acasa.nl/en/totaal_bezit/Index%20ingericht/) bisa dilihat di webnya Acasa ini, dipilih saja yang sesuai kondisinya: http://www.acasa.nl/en/actueel_woningaanbod/direct_huren/

      Informasi dalam bentuk pdf nya bisa dilihat disini http://www.acasa.nl/en/ik_zoek_kamer/ACA1003_Zigzag_Vouwfolder_WEB.pdf
      Ada juga yang tinggal di Macandra, student housing di luar lokasi kampus.

      Sukses selalu🙂

      1. hoo..saya jg suami istri mbk, lg cri2 yg bisa buat berhemat..n pikir2 antara dlm kmpus ato lgsg luar kmpus..considering it’s our first time..:P
        klo apartemen mbkny yg tipe X1 itu bukan?

      2. Oh ok sama kalau begitu ya mas..
        Enaknya kalau di kampus memang dekat dengan lokasi fakultasnya sih ya. Cuman memang agak jauh dari centrum (pusat kota). Banyak ko suami istri Indo yang tinggal di apartemen kampus kayak di Sky, Mondriaan dll. Yang di saya emang lain soalnya fakultas saya di luar lokasi kampus (ITC) jadi saya pilih Stadsweide krn dekat kampus ITC dan centrum. Suami yang nyepeda 20-30menit tiap hari ke kampus UT. Iya saya tinggal di X1, lumayan gede ruang all in one-nya, jadi kadang suka jadi tempat ketemuan kaya pengajian atau makan2 sm teman2🙂

        Apartemen memang praktis sih mas, tinggal bayar gelondongan (sudah termasuk internet, service cost dan kebersihan), kadang sudah ada yang full furnished pula. Kalau rumah yang saya tinggali sekarang ya segala sesuatunya diurus sendiri, tapi enaknya rumah single, punya halaman belakang, dekat taman dan ga ada tetangga di atas/bawah. Pengalaman tinggal di apartemen suka ga enak sama tetangga kalo bocah lagi rewel😀

  1. aku tinggal disini nih, mbak eh dik… kayanya tua’an sy deh *lupakan

    Mampir dooong pagi2, sekalian bangunin sy *loh siapa gw hahahaha… ngupi cantik yuk🙂

  2. Oh iya… lihat iklannya di fb, tapi acaranya pas aku blm datang… dan parahnya skrg lupa password-nya blog maureenmozku… huaaaaaa…

    Inbox di fb dooong, sy mauan diajak jalan-jalan… wkwkwk… *mureeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s