Posted in master

MSc Course: Module 5. System Analysis

Isinya tentang conceptual diagram, modelling dan statistic. Module ini merupakan module dari neraka paling sulit yang pernah saya alami. Module ini dimulai setelah libur winter, jadi begitu masuk kami kayak orang songong semua lama loadingnya. #alasan๐Ÿ˜† Saya tidak pandai dalam membangun konsep apalagi menuliskannya dalam bentuk frame tertentu. Karena kita musti paham dari awal mengenai sistem, sub-sistem, atribut dalam sistem dan hubungan antar sub sistemnya. Huah. Lagipula yang dijadikan first caseย adalah agriculture *nangis* T-T Untunglah teman2 saya baik2 semua, jadi saya dijelaskan dari awal apa itu arable land, perbedaan grazing dan feeding, dan sebagainya. Istilah2nya saja sudah cukup bikin gila putus asa.

Camera Roll

Camera Roll1

Tambahan lagi, si bapak penanggung jawab module ini ganteng-ganteng serigalaย perfeksionis bukan main. Kata beliau “there is no right answer, as long as you can give a logic arguments about your system”. Tapi giliran kita sekelas presentasi, gak ada yang cukup bagus buat dia *cakar-cakar-konsep* Waktu kita minta jawaban yang benar, dia bilang gak ada. Putar otak, dan akhirnya kita minta “at least pleaseย provides us an example of a good answer”, yang diberikannya selang 3 hari kemudian *tendang*

Isi module ini adalah:

  1. Introduction to System Analysis
  2. Dynamic Modelling
  3. Spatio-temporal modelling and integrated assessment
  4. Hypothesis formulation and statistics: Inferential
  5. Application of concepts of spatio-temporal system analysis

Case Study: Land Use/Cover Change (LUCC) in Buzau

my team mates :)
my team mates๐Ÿ™‚

Oh iya, module ini banyaaaak sekali exercises dan juga assignments yang mesti di submit. Padahal gak dinilai coba. Ada statistic assignment, power point, dan lima model dari Dynamic Modelling. Namun pada intinya adalah memahami system analysis dan membangun conceptual diagram sebagai bagian awal dari segalanya research. Diajari juga konsep โ€œReverse Engineeringโ€ jadi dimulai dari suatu model lalu mencoba memahami the system behind the model. Nulis ini lagi aja udah bikin enek, coba. Wkwkwk.

Di module ini, ada ujian statistic, ujian module dan case study. Ujiannya luar biasa susah ma men T-T Hasilnya juga lama sekali, dan sekalinya keluar, kami sekelas sedih berjamaah. Nilai saya masih lumayan sih, Alhamdulillah masih diatas 70, tapi the worst of all modulesโ€™ marks that I have. Udah ah. Yang penting dah lewat. #mencoba-move-on๐Ÿ˜†

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s