Posted in beasiswa, master, office, persiapan, rumah

Persiapan Kuliah ke Belanda : Membagi waktu untuk pengalihan tugas kantor, beres-beres rumah dan menyiapkan barang bawaan 

Ada beberapa postingan saya terkait seri Persiapan kuliah ke Belanda sbb:

  1. another dream: kuliah ke luar negeri
  2. TOEFL-IBT
  3. Admission Letter
  4. Pre-departure Briefing StuNed 2013
  5. Persiapan kuliah: Barang Bawaan
  6. Persiapan kuliah: Kontrak, Visa dan Tiket
  7. Persiapan kuliah: Tugas Belajar dan Paspor Dinas
  8. Persiapan kuliah: Membawa Keluarga

Ada postingan yang tertinggal mengenai pembagian waktu untuk persiapan kuliah ke luar negeri, yang kali ini mau saya share.

Membagi waktu ini adalah hal-hal non teknis yang menyita pikiran, tenaga dan emosi. Pertama, pengalihan tugas-tugas kantor. Setahun sebelumnya, saya telah meminta ijin secara lisan kepada atasan untuk lanjut studi. Setelah itu saya mulai menyusun strategi untuk me-regenerasi pekerjaan dan menjelaskan SOP tanggap darurat. Saya memberikan penjelasan ke atasan, kalau pekerjaan semestinya bukan one man show, dan dari awal tahun untuk setiap program atau kegiatan harusnya selain coordinator, harus ada wakil koordinator sebagai back up. Dimulai dari penyusunan perencanaan, anggaran, koordinasi berbagai pihak, rapat persiapan, berkas administrasi, teknis pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Hal-hal tersebut sudah dipersiapkan dan diantisipasi melalui rekan-rekan sejawat yang lain untuk menghandle dan men-tackle setiap bagian, sehingga pada satu ketika misalnya saya harus lanjut studi, sudah ada orang yang menggantikan fungsi saya tanpa harus stuck dan kegiatan bisa terus berlanjut. Jadi: Kerjaan, check.

Kedua, beres-beres rumah. Ini juga bikin nangis (dalam arti kiasan dan dalam arti sebenarnya). Saya baru tinggal di rumah yang ini selama 2 tahun, tapi begitu banyak barang yang harus dirapikan T-T #nangis. Sampai saya beli sekitar 10 container besar untuk menyimpan barang-barang supaya tidak berdebu atau jamuran. Yang mesti dibereskan, seingat saya, seperti buku-buku kesayangan saya #nangislagi, baju, sepatu-sepatu, mainan Arga dan bagian dapur terutama. Rasanya seperti tidak ada habisnya. Bahkan sampai saya berangkat pun masih ada beberapa tempat yang belum selesai saya rapikan, sampai-sampai saya minta tolong sama Ibu di rumah untuk memasukkan semuanya ke container yang sudah saya siapkan. Saya kurang istirahat pada waktu itu, karena banyak sekali yang harus dipersiapkan, beberes rumah ini hanya salah satunya.

Untuk menjaga dan merawat rumah, kami menitipkan rumah ke bapak ibu dan mertua untuk sesekali menengok rumah (dan dipakai untuk ibadah, ini yang penting), atau mengupah orang untuk bersih-bersih, dan kalau bisa ditinggali atau ditempati tidur. Beruntungnya saya karena banyak sepupu yang sedang kuliah di Jogja dan tinggal di rumah ibu mertua yang berjarak dekat dengan rumah kami. Jadi kadang para sepupu ini menginap di rumah🙂 Lesson learn: beberes rumah ini juga perlu dikerjakan dan dicicil jauh-jauh hari. Kalau perlu, minta bantuan ke saudara atau orang lain.

Ketiga, persiapan barang-barang bawaan. Memilih yang mana yang mau dibawa, mencari keperluan yang sekiranya dibutuhkan di Belanda a.k.a. belanja, dan yang paling saya tidak suka: packing! (bagian ini saya posting tersendiri disini). Memilih mana yang mau dibawa ini susah, secara kami berangkat bertiga (dimana ada satu bocah balita) dan suami sudah mengultimatum bahwa kami hanya membawa dua koper besar saja dengan berbagai pertimbangan. Akhirnya yang bisa saya bawa ya dibawa di bagasi, sisanya saya kirim by post, sebanyak dua kardus @15 kilo. Ish.

Jadi intinya, mulailah mempersiapkan jauh-jauh hari, kalau bisa beberapa bulan sebelum berangkat.  Ada yang bisa dicicil kok, untuk tahap persiapan ini. Semoga sukses yaa, semuanya!

Author:

🇮🇩 in 🇳🇱 • wife&mom 👪 • parent teacher 🏫 • seasonal shopaholic 👜👠 • bookworm 📖 • dramafreak 🎬• bigeater 🍝🍣🍰 • aspiring blogger 📝

Leave a Reply

