Posted in master

MSc Course: Module 8. Monitoring of Natural Resources

Lanjut lagi cerita tentang course modulenya, ya. Setelah episode Mapping of Natural Resources yang saya ceritain disini, kali ini adalah lanjutannya yaitu Monitoring of Natural Resources. Kedua module ini adalah satu kesatuan, sambung menyambung menjadi satu, maka dari itu kedua module ini terasa seperti nerakaย siksaan selama 1,5 bulan lamanya. Dan di bulan Maret 2014, saat cuaca masih winter menjelang spring, menjadi saksi bisu kelelahan saya karena di bulan ini saya mengalami fieldwork ke hutan 3x, exam 3x, dan case study 2x. Lelah luar biasa, flu selama berminggu-minggu, dan diakhiri drama kumbara di akhir module.

Kalau module lalu berisi tentang mapping: what can be found where, maka module monitoring ini menggunakan satu parameter: how much. Jadi lebih ke quantitative analysis. Module ini sendiri berisi :

  1. Temporal dimension
  2. Multitemporal Remote Sensing and Change Detection
  3. Hypertemporal Remote Sensing
  4. Monitoring Context
  5. Monitoring Case Study
  6. Natura2000 Monitoring Case

Dimana komposisi case study 30% dan exam 70%. Judul-judulnya aja udah horror, apalagi examnya T-T

Terus, pada case study kali ini saya salah pilih kurang beruntung, karena saya fail di case study report. Nangis saya selama 2 hari. Sempat tidak mau tegur sapa sama supervisor galak nan pelit tersebut. Namun akhirnya setelah tenang, saya bisa pergi ke ruangan beliau, meminta feedback atas report saya, tersenyum dan berterima kasih padahal hati ingin menampar. Ternyata tidak mudah ya, melalui kegagalan itu. Apalagi untuk bangkit lagi, berbesar hati dan menerima feedback yang lebih seperti pil sepahit pil kina untuk malaria. Dan tidak ada kesempatan mengulang case study tersebut. Salut saya sama teman2 yang berkali-kali resit tapi tetap semangat. Tapi saya bangga, saya bisa melaluinya. Alhamdulillah.

Case study paling berkesan. Datang ke lokasi fieldwork dengan bersepeda 45 menit, dilanjut jalan kaki keliling hutan berjam-jam, balik ke rumah 45 menit lagi. Ngerjain report kejar-kejaran deadline bareng belajar buat ujian. Diakhiri dengan nilai report yang fail *nangis*
Case study paling berkesan. Datang ke lokasi fieldwork dengan bersepeda 45 menit, dilanjut jalan kaki keliling hutan berjam-jam, balik ke rumah 45 menit lagi. Ngerjain report kejar-kejaran deadline bareng belajar buat ujian. Diakhiri dengan nilai report yang fail *nangis*

Ujian yang panjang dan melelahkan juga tidak membantu. Ada sekitar 20 soal, 15 halaman essay yang harus diisi, “hanya” dengan waktu 2 jam yang diextent selama 30ย menit. Saya kelelahan betul, sampai saya tidak menggunakan waktu extent karena kepala sudah pusing dan sakit sekali, tangan juga sudah gak kuat untuk menulis sampe diseret nulisnya. Alhamdulillah, nilai exam saya masih tergolong bagus, dan 70% pula, jadi saya lolos dari lubang buaya alias masih lulus course. Legaaaa banget rasanya. Kenapa lebay gitu? Yah karena, seperti yang pernah saya sampaikan, kalau dengan sistem block-module begini, begitu resit akan mengganggu module kedepannya. Jadi mesti belajar dobel. Dan itu tidak efektif, apalagi bagi saya yang punya keterbatasan dalam waktu.

Oke, sampai disini dulu. Mari lupakan sejenak kesusahan module ini. Setelah ini disambung cerita tentang living in Holland yang lebih fun. See ya!๐Ÿ˜€

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

3 thoughts on “MSc Course: Module 8. Monitoring of Natural Resources

  1. Mbaaa, ada yang tanya ttg module-module di NRM ke aku. Tak copy aja ya link-link keren punya mba ini? I know it will be OK for you.๐Ÿ˜› Makasih yah. MMuuuah!

Leave a Reply

