Posted in master

(Curhat) thesis part I. Thesis Topic & MSc Research Fair

Cilupbaah. Haii pemirsaah. Postingan yang ini adalah full curhat tentang fase hidup saya terkini : master thesis. Kedengaran serem dan memang sungguh serem tanpa basa basi. Di satu sisi saya lega bahwa saya bisa melalui masa-masa dan kesulitan Core dan Course Modules, Alhamdulillah dengan lancar, tanpa resit sekalipun *sujud-syukur* dan dengan nilai yang unbelievable. Sungguh semata-mata ridho Allah melalui ridho suami, doa anak dan orang tua saya. Kalau lihat kondisi saya, sungguh mission impossible.๐Ÿ˜€

Jadi, ditengah kegilaan kesibukan Module 7 dan 8 di bulan Maret 2014, datanglah undangan ke UT student e-mail saya sbb:

undangan yang cetar membahana badai
undangan yang cetar membahana badai

Matik saya. Mana siap saat itu. Pun setelah diskusi tak berkesudahan panjang dengan suami tentang thesis topic, saya memutuskan akan hadir saja lah dan serap informasi sebanyak-banyaknya. #pasrah๐Ÿ˜†

Acara Research Fair ini dilaksanakan selama satu hari, bertempat di auditorium ITC baik untuk plenary session, domain session maupun poster session. Sesi domain saya, Natural Resources atau NRS, dimulai siang pukul 13:40 dan disampaikan oleh pimpinan riset di departemen kami, alias the professor himself. Namanya Pak Andrew Skidmore. Dan yang disampaikan beliau adalah research dibawah tema bernama FORAGES atau Forest Agriculture and Environment in the Spatial Sciences. #pingsan

Setelah mengikuti sesi presentasi, dilanjutkan ke sesi poster di lobby. Disana tersedia berbagai poster, leaflet dan beberapa lecturer yang menjelaskan tentang berbagai topic yang tersedia untuk thesis. And I lost. I found my interest in some topics but I am not really into it. Berbagai topic yang ada dibawah research theme FORAGES berkisar di bidang Forestry, Vegetation, Wildlife atau Agriculture. Trus saya pigimana dong. Ada juga topic tentang Air Pollution atau Water, tapi ada di departemen lain.

Saya malah ngobrol sama central course director ITC, Pak Tom Loran, tentang my own idea. Dan beliau menyarankan saya untuk ketemu salah satu lecturer bernama Joan Looijen (yang sering ke Indonesia dalam rangka proyek) dan ngobrolin tentang thesis topic, baik ide saya atau barangkali Joan juga punya topic yang ditawarkan. Sisa siang tersebut saya habiskan termenung di sudut ruangan, mengamati diskusi teman-teman saya dengan para lecturer. Semua tampak antusias. #makintermenung

Sampai akhirnya, satu lecturer pengajar intro NRM bernama Iris van Duren iseng saja ngajak ngobrol kesana-kemari tentang research secara general. Waktu itu pikiran saya udah melayang entah kemana, jadi saya iya-iyain aja. #maapkan (>_<)

Akhirnya di pertengahan bulan Maret 2014, setelah event MSc Research Fair pun diakhiri dengan kegalauan yang amat sangat.

to be continued.

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

