Posted in Itenary suka-suka

Itenary suka-suka: Volendam, Edam & Zaanse Schaans

Hayhay! Postingan kali ini mau lanjut tentang jalan-jalan. Kenapa judulnya itenary suka-suka? Karena.. ya suka-suka saya, gituh.

#kemudian-ditampar๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Jadi begini, berhubung kami disini sekeluarga, tentunya untuk jalan2 tak semudah dibandingkan para backpacker yang pada masih single dan muda2. Jadi, beberapa kali kami sekeluarga memutuskan untuk main keluar kota naik delman istimewa alias bawa mobil kami sendiri. Kenapa?

Pertama, waktu. Karena kami pemalas membawa anak kecil, tentunya lebih mudah mengatur jadwal keberangkatan, pindah lokasi wisata dsb dengan kendaraan pribadi #alasan-klasik. Kedua, tenaga. Berdasar pengalaman, ketika kita bawa mobil sendiri, tentunya tak perlu banyak berjalan kaki kesana kemari, lagi-lagi karena malas๐Ÿ˜€ murni karena kami ingin si bocil tetap bertenaga dan ceria. Kalau kami punya itenary seharian, dia lebih nyaman saat kami pindah kota atau lokasi, tidur di mobil. Tiba di tempat, bangun. Lebih efisien. Perjalanan ini juga kami lakukan sekitar bulan April – sudah masuk spring – yang berarti waktu matahari terang (sunrise-sunset) sekitar 12 jam. Ketiga, lebih irit (ini relative). Kalau tujuan wisata lebih dari satu atau berada di beda kota, naik mobil menjadi pilihan pertama kami.

Itenary suka-suka kami yang pertama adalah ke desa Volendam, Edam dan Zaanse Schaans. Ketiga lokasi ini dipilih sebab Volendam adalah salah satu dari tiga itenary wajib dikunjungi (selain Keukenhof dan Madurodam) โ€“ versi saya โ€“ di Belanda. Edam merupakan wilayah yang masih berada dalam satu gementee (kotamadya) dengan Volendam. Pernah dengar keju Edam kan? Nah ini saya mau ke kotanya. Zaanse Schaans masih berada dalam satu provinsi yakni di Noord Holland alias Amsterdam ke utara, jadi sekalian saja kami jabanin. Di Volendam, Edam dan Zaanse Schaans ada apa aja? Sabar yah, nanti ya akik jabarkan di posting terpisah.

Volendam-Edam-Zaanse Schaans, by car. Source: maps.google.com
Volendam-Edam-Zaanse Schaans, by car. Source: maps.google.com

Anyway, ini adalah perbandingan (waktu dan jarak tempuh) berdasarkan itenary suka-suka saya antara menggunakan kendaraan pribadi (mobil) dan kendaran umum (kereta&bis):

vol5

(Buset, niat amat bikin inih :lol:)

Pas lihat di biaya, keknya gajauh beda begicu dengan pakai dagkaart. Kalau berombongan banyak malahan lebih hemat pakai group ticket. Tentunya ada opsi lain bagi yang berlangganan kereta bulanan sehingga biaya kereta saat weekend adalah gratis. Tapiiiii setelah dilihat waktu tempuh total ternyata hemat waktu hampir 2x nya!! Mejik. Biaya lebih ternyata merupakan kompensasi waktu. Belum lagi jalan kaki, misalnya dari stasiun ke lokasi wisata Zaanse Schaans (1.5km, 18 menit) sekali jalan. Sungguh kami ini pemalas sejati.๐Ÿ˜†

vol1vol2vol3vol4

Tapi keberatan kami bukan semata-mata saya dan suami (pekerjaan kami di Indo โ€“ suami di Kehutanan, saya di Lingkungan Hidup โ€“ kadang memaksa kami jalan kaki seharian penuh dan pemantauan berhari-hari lamanya :D) adalah bocah 4 tahun ini. Kalo capek mah paling dia istirahat, tidur. Tapi kalo bete terus rewel, haduh, bisa gak jadi nikmat liburannya.

Perjalanan ini kami hanya bertiga (dua dewasa satu balita). Seandainya mobil dioptimalkan berisi 5 orang, pasti lebih hemat lagi atuh. Jadi, kalau anda sekalian mau traveling di Eropa, lebih dari 3 orang, lebih dari dua destinasi, opsi menggunakan mobil patut dipertimbangkan, ya?๐Ÿ˜€

Informasi tentang kereta di Belanda bisa dilihat di http://www.ns.nl, bus di http://www.ebs-ov.nl/.

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s