Posted in master

(Curhat) thesis part III. (Memantapkan Hati memilih) Thesis Topic

Setelah pengumuman topic riset untuk thesis pada event MSc Research Fair yang tak memberikan hasil apapun, maka berlanjutlah kegalauan akan hal ini. Saya mencoba mengevaluasi keadaan dengan kepala dingin. #tsaaahhh

Opsi satu, mengajukan topic riset sendiri. Plusnya: pasti saya kuasai dan sesuai kerjaan sehingga applicable. Minusnya: kena hajar dan berisiko kalo nggak dapat data. Kemungkinan fieldwork kecil. Karena saya cemen pertimbangan diatas, maka opsi satu coret.

Opsi dua, nanya topic lain ke dosen yang direkomendasikan a.k.a Ibu Joan Looijen. Ternyata nihil sodara2. *nangis* Opsi dua, coret.

Opsi tiga, milih the best of the worst options yang ditawarkan sama departemen. Sambil nangis. Lalu kontak dosen yang ada disana. Saya pilih topic Sustainable Campus karena tertarik sama penjelasannya, trus idenya lucu dan unik gitu. Terus saya email contact person alias dosen yang menawarkan, yakni Ibu Iris van Duren. Langsung dibalas, sih. Sama automatic reply, sayangnya. Karena ybs lagi off kantor *nangis*

Jangan menyerah, odong!

Maka, setelah kering air mata saya menata hati, saya coba kontak lagi setelah beliau hadir di kampus. Ternyata doi baik tuh, welcome banget sama saya. Begitu datang pun langsung menjelaskan panjang lebar tentang topiknya. Terus ngasih saya satu lembar peta tentang urban heat island di kota lain. Sama satu paper yang lagi dia kerjain tentang province of Overijssel. Dengan berbagai informasi tersebut, dia nyuruh saya pulang trus pikir baik2 (kalau saya tertarik) tentang apa yang ingin saya lakukan terkait topic ini. Karena ada banyak sekali kemungkinan. Dia bilang “I can make ten titles for Master thesis inside this topic”. Jadi saya bebas memilih.

Maka pulanglah saya. Curhat sama suami. Trus baca2 tentang Sustainable Campus, browsing tentang UT campus, dan sebagainya. Akhirnya esok harinya saya mulai lagi mengorganisir dan me-list tentang apa yang saya minati. Saya tulis dalam satu lembar kertas, berisi ide saya tentang main objectives, research objectives dan research questions. Saya konsultasi sama suami dan beliau kasih feedback tentang struktur dan sistematika. Setelah menurutnya ok, maka saya email Ibu Iris dan Ibu Joan lagi pada tanggal 30 April 2014 untuk janjian yang kedua kalinya (termasuk melampirkan selembar ide yang saya tulis tadi).

01 Mei 2014. Satu hari sebelum deadline MSc Topic. Dengan bermodalkan keberanian dan harga diri yang dikumpulkan sebisanya😆 selembar kertas wasiat berisi ide, saya ke ruangan Ibu Iris. Ternyata dia memberi respon dan tanggapan yang positif! *sujud-syukur* Ada beberapa poin yang dia kritisi namun pada intinya dia setuju dengan ide saya. Jadi saya bisa tetap memilih ide sesuai minat, study area di kampus a.k.a. dekat rumah, jadi kalau perlu ke lapangan untuk fieldwork pun suka-suka saya! Alhamdulillah, diberikan solusi yang terbaik >_< *syenang*

Maka pulanglah saya kerumah. Langsung login ke website itc.nl untuk men-submit judul thesis, topic thesis, dan beberapa advance modules (semacam matakuliah pilihan gitu) yang bisa mendukung thesis saya. Dan tidur dengan tenang di malam harinya. Akhirnya!😀

Author:

🇮🇩 in 🇳🇱 • wife&mom 👪 • parent teacher 🏫 • seasonal shopaholic 👜👠 • bookworm 📖 • dramafreak 🎬• bigeater 🍝🍣🍰 • aspiring blogger 📝

Leave a Reply

