Posted in belanja, Enschede, hidup di belanda

Hidup di Belanda: Barang-barang yang ada dan nggak ada di Belanda

 

Hayhay.. how are you, pretty people?๐Ÿ˜‰

Lama tak menulis, meski begitu kabar saya baik-baik aja. As posted before, alhamdulillah program master saya sudah selesai. Namun saya belum (bisa) pulang. Akan pulang dalam beberapa minggu kedepan. Trus ngapain aja? Yah, biasa, menikmati musim semi, bunga bermekaran dan matahari di Eropa.

*sambil-kibas-poni*

*terus-ditampar-yang-baca*๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Just kidding. Saya lagi ada mini research, kelanjutan dari research thesis saya, karena terkait kampus saya sendiri, UTwente yang sedang men-seriusi tentang sustainable campus. Kemudian bulan Juni nanti inshaAllah dapat undangan menjadi guest lecture di Hamburg University, Germany. (ya kali-kali ada yang penasaran kan.๐Ÿ˜† )

Anyway.

Terkait banyak sekali (widih) pertanyaan tentang berupa-rupa hal tentang pengalaman saya selama disini, maka saya membuat kategori baru di blog: Hidup di Belanda (klik disini). Dan postingan perdana saya adalah mengenai: barang-barang yang bisa ditemui dan yang tidak di Belanda.

*NGGAK-PENTING*

*ABAIKAN*๐Ÿ˜†

Setelah sebelumnya saya membuat posting tentang persiapan keluar negeri: barang bawaan (link disini dan disini) maka untuk lebih mengefektifkan persiapan rekan2 yang mau hijrah ke luar negeri, saya akan tampilkan mengenai apa yang ada dan tak ada disini.

Pertama, yang saya bawa (atau akan saya bawa) dari Indonesia (dan sebagian tak ditemui disini). Barang yang jarang ada dan esensial bagi saya adalah: guling (buat bobok), cobek batu (buat nyambel), sapu lidi dan gayung mandi.

ย *dikampak*ย :lol:

Okey. Serius. Guling, karena kebiasaan tidur dari bayi, esensial bagi saya. Cobek disini ada cuman agak mahal (sekitar 20euro), jadi sampe sekarang saya pakai blender. Ya tetap enak sih sambalnya, walau aroma dan rasanya tak seenak sambel uleg cobek. Sapu lidi dan gayung adalah bagian paling tak penting dari pembahasan postingan ini. Oh iya, kaos bayi/anak setali yang super tipis itu juga favorit anak saya kalau summer dan suhu sampe 34ยบC. Cotton bud, lebih enak buatan Indonesia, lebih kecil. Yang disini gede-gede… mungkin karena kuping bule… jadi nggak cocok buat kuping imut ik. Pan ikย ga mau lubang kuping nanti jadi melar. Gak cantik.๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Untuk makanan, saya biasa bawa (atau nitip temen pas balik Indo) gudeg kaleng Tjitro atau Wijilan, buatย tombo kangen (ini juga praktis buat bekel makan siang suami kalo pas males nggak sempat nyiapin masakan). Selain itu, bakso goreng Pak Sabar warung sebelah rumah adalah favorit suami. Nutrijell kesukaan anak saya (ada disini sih, tapi nggak yakin sama gelatinnya). Bumbu instan banyak, tapi gak nemu Ind*food. Disini adanya bumbu B*mboe sama Rapindo (atau apalah namanya itu). Bedanya di bumbu Ind*food ini tak perlu kita menambah santan, jadi lebih praktis. Kalau kering kentang/tempe, favorit kami sekeluarga jadi pasti bawa. Minimal sekilo.๐Ÿ˜†

Untuk obat-obatan atau vitamin yang saya bawa: propolis, trombopop, minyak tawon, neozep, febrinex anak, hansaplast koyo hangat (disini adanya salonpas, ik gak cocok. panas dan perih banget di kulit) dan beberapa obat khusus misalnya buat vertigo saya. Maybelline ada disini, tapi saya gak nemu make up remover yang handal buat bersihin mascara yang waterproof.

barang-barang yang gak ada di Belanda dan/atau saya bawa khusus dari Indonesya
barang-barang yang gak ada di Belanda dan/atau saya bawa khusus dari Indonesya. Foto diambil dari: google.

Lanjut.

Pencarian panjang saya selama setahun pertama (halah) adalah mencari produk lokal yang cocok untuk skincare dan bodycare kami sekeluarga. Tentu saja pertama kali saya coba yang saya bawa di Indo, (walau sudah disarankan banyak blogger bahwa skincare Indo pastinya diciptakan untuk iklim tropis Indo) dan memang tak cocok. Kulit jadi kering, mengelupas, dsb dsb.

Langkah kedua adalah menjajal produk lokal Belanda yang murce *emak-emak-mencoba-hemat*. Namun tak berguna. Podo wae. Akhirnya saya putuskan untuk memakai skin care dan body care sebagaimana gambar dibawah ini. Perlu dicatat bahwa saya bukan sales dan ini bukan promosi yaa. Produk-produk ini lah yang kami pakai dan cocok untuk kami sekeluarga disini.

Ada toko baju mursida,ย Primark namanya, saya nemu hair care berbahan dasar Argan Oil yang cocok bingits jadilah saya borong dari conditioner sampai hair mask nya. Burt bee’s lipbalm sangat handal untuk melembabkan bibir yang super kering di segala season, bisa dibeli murah di Kruidvat. Parfum yang nongol disitu adalah parfum favorit saya, yang saya incer sejak lama, dan saya dapat pas diskon habis-habisan di Kruidvat juga *syenang*๐Ÿ˜€

barang-barang yang ada disini dan cocok dipakai
Barang-barang yang tersediaย disini dan cocok dipakai kami sekeluarga. Foto diambil dari: google.

Lanjut!

Berikut adalah barang-barang yang mudah ditemui di Belanda. Beras, misalnya. Banyak tersedia mulai dari supermarket lokal, toko Asia, toko Turki, toko Maroko. Kalau lidah rewel *ehm* dan biasa makan beras pandan/jasmin, biasanya saya dapat paling murah di Toko Asia. Atau lebih murah lagi beras Turki, berasnya bulet dan pulen macam beras ketan begitu.

Bumbu instan yang ada, biasanya merk Bamboe atau Rapindo. Saus tomat, saus sambel, sambel terasi ABC banyak disini. Pun kecap. Produk anak seperti Zwitsal juga ada. Minyak telon, Balpirik, Geliga juga bisa ditemui di beberapa Toko Asia. Bawang merah juga ada, tapi mahal, sebagai gantinya saya pakai French Shallots. Krupuk udang juga banyak di Jumbo atau Albert Heijn. Kalau mo bikin sate, bumbu siap saji pun ada, atau bisa bikin pakai selai kacang (pindakaas) ditambah air hangat dan kecap. Santan, karena gak ada tukang parut kelapa kayak di pasar kranggan, maka saya pilih D’Aroy (dan bukan yang merk Indonesia itu loh). Karena perut saya rewel, saya punya maag, jadi ga bisa pakai sembarang santan. Santan Aroy ini terdiri dari santan dan air, tanpa tambahan lain, jadi aman๐Ÿ˜€ Terus itu ada penyiram tanaman, buat apaan? Ehm. Yang jelas ditaronya di toilet, bagi yang belum bisa pakai tissue macam saya.๐Ÿ˜€

Oh iya ada yang kelupaan. Di Eropa, toko baju, terutama untuk keperluan winter, melimpah. Jadi janganlah kuatir. Sudah banyak blogger yang menulis tentang ini. Percayalah sama kami, mak๐Ÿ˜† Macam long john, jaket winter, sepatu boots, dan segala rupa, bisa ditemui dengan mudah dan murah disini, terutama kalau winter dah selesai. Jadi silakan lah diatur bagaimana baiknya. Bisa bawa satu, nanti disini beli. Borong disini juga banyak. Nunggu sale juga bisa.

barang-barang yang bisa ditemui dengan mudah di Belanda
Barang-barang yang bisa ditemui dengan mudah di Belanda. Foto diambil dari: Google.

Begitulah postingan hari ini yang tiada penting lagi tak berguna. Namun sekali lagi, ini blog saya, suka-suka saya lah mau posting apa๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Lain kali disambung dengan posting yang lebih ditunggu2 macam biaya hidup, mencari sekolah anak dan rumah di Belanda, ya. InshaAllah. Hihi.

See you :*

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

8 thoughts on “Hidup di Belanda: Barang-barang yang ada dan nggak ada di Belanda

  1. Ahahahhahaa sumpah! Ini kocak abis sekaligus informatif bgt mbak, sangat berguna sekali terutama bagi kami2 yg newbie๐Ÿ˜› Dah lama jg nih gak buka blog, maapken jd krg informasi wkwkk…. Ditunggu blog2 berikutnya terutama informasi soal biaya hidup dan sekolah berhubung kami akan self funding hiks… Dan inshallah kyanya baru bs thn dpn keluar negrinya (pengennya sih ke ntnu trondheim) amiin๐Ÿ˜€

    1. Hahahah iya ini lagi iseng aja bikinnya, syukurlah kalo informasinya berguna๐Ÿ˜€
      Iya ini mo posting tentang cari housing sama sekolah anak, tunggu ya. Postingan Gena juga ditunggu loh, mari menulis lagiii…
      Eh tahun depan kemari? Ayuklah, kabar2i ya siapa tau bisa ketemu dan ngopi2 cantik sambil shopping๐Ÿ˜‰

  2. Ahahahahaa iya amiin inshallah mdh2an thn 2016 jadi ya, eh tp kami bkn ke holland tp ke trondheim, norway. Gpp lah ya msh deket *sotoy* hihihii….

  3. Wih,,,ini mah postingan yg bermangfaat banget mbak….jadi tahu kan barang2 apa yg perlu dan tidak perlu saya bawak kalo nanti brgkt ke holland…hehe…

    Trims bgt infonya ya mba….

    1. Hahaha, alhamdulillah kalau berguna infonya, padahal postingan nggak penting gini๐Ÿ˜† Nanti saya update lagi deh ya, mana yang kira-kira penting untuk dibawa kesini๐Ÿ™‚

  4. Halo Mbak!!

    Mau tanya beli sambel terasi ABC di mana ya? Aku tinggal di Amsterdam, ga pernah nemu :”(
    Tolong infonya ya Mbak hehehe makasih!๐Ÿ™‚

    1. Hai Andrea, salam kenal. Kalau di Enschede sambel terasi ABC botol bisa didapat di toko Asia seperti TaiWing, Het Oosten atau Peter Hu. Coba aja di cek di toko amazing Oriental siapa tau ada๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s