Posted in belanja, hidup di belanda, tips-tips

Hidup di Belanda: Groceries Shopping a.k.a Belanja Bahan Makanan

Halo lagi. Nampaknya hasrat untuk posting hari ini masih cukup menggebu. Jadi daripada saya klisikan enggak bisa diem, mending saya bagi sekalian another detail tidak penting tentang hidup di Belanda versi saya.😆 Setelah sebelumnya saya share ini dan ini, maka kali ini saya akan share tentang groceries shopping mingguan/bulanan yang biasa kami sekeluarga lakukan. As you may know that setiap minggu, di kota tercinta Enschede ini ada dua kali pasar tiban atau open markt yaitu tiap hari Selasa dan Sabtu. Disana lengkap ada berbagai bahan pangan dan pakaian sampai jajanan siap makan. Namun selain belanja ke pasar, saya pun kadang belanja ke supermarket. Karena pasar cuma ada seminggu dua kali, jadi kadang saya perlu atau bisa belanja tidak di hari pasar tersebut. Nanti ik jelasin satu persatu yah. Harap bersabar, sepertinya bakal panjang posting kali ini😆 Yang pertama silakan dilirik dulu perkiraan belanjaan saya selama seminggu – sebulan – dan total setahun as follows.

(perkiraan) belanja bulanan keluarga di enschede tahun 2013-2015
(perkiraan) belanja bulanan (dalam euro) tahun 2013-2015

Unbelievable! Niat banget kan saya bikinnya!!!!😆😆😆 *tutupmuka*

Trus, harga bebarangan itu berapaan sih disini. Berapa bedanya sama di Indo. Nah, saya akan kasih nasihat, kalau mau hidup dan tidur tenang, janganlah kalian rupiahkan harga-harga disini. Bisa bikin insomnia. Next. Dibawah ini saya kasi ancer2nya, bisa lebih murah (kalo lagi promo) atau lebih mahal (di beberapa supermarket). Kalo tabel diatas saya bilang niat, maka tabel dibawah ini saya niat to the max bikinnya😆😆😆 *tutupmukalagi* *kabur*

groceries dan harga (rata-rata) belanjaan di berbagai supermarket Belanda tahun 2015
groceries dan harga (rata-rata) belanjaan di berbagai supermarket Belanda tahun 2015

Yang terdekat dari rumah (dan terkenal paling mursida) ada supermarkt Lidl dan Aldi. Tapi saya pribadi lebih prefer Lidl, karena bersih, luas dan cukup lengkap. Kata orang sih produk disini murah karena kualitasnya bukan nomer satu. Tapi buat saya cukupan lah. Beberapa barang yang saya beli disini adalah minyak goreng (sunflower), jus apel/jeruk, ikan beku (salmon, pangasius, kabeljauw), cemilan macam chips dan coklat buat anak saya dan yoghurt. Roti-roti disini juga paling murah dibanding dengan supermarket, seminggu sekali saya beli roti tawar buat bekal anak ke sekolah.

Lidl supermarkt. Luas, bersih, murah, dimana-mana. Deket dari rumah. Plus hari minggu buka setengah hari. ;)
Lidl supermarkt. Luas, bersih, murah, dimana-mana. Deket dari rumah. Plus hari minggu buka setengah hari.😉. Foto: google.

Untuk daging, saya beli dari toko Turki/Maroko yang berlabel “helal”🙂 Ada beberapa sih, namun yang terdekat dengan rumah adalah supermarkt Ada. Selain Ada, ada juga Ana markt dan Zaitunna. Telur juga lebih murah kalau sekalian beli 30 biji. Beras Turki juga murah per 5kg sekitar 5.5euro, dibanding beras pandan/jasmine. Berasnya lembut, bulet dan pulen kalo dimasak, namun tak wangi macam beras pandan. Gak masalah kok. Kalo dibanding beras surinaam yang kering pera, saya pilih beras turki ini aja. Daging (ayam, sapi, lamb) juga terkenal murah, teman2 kampus saya yang bukan orang Indonesia pun suka beli daging di sini.

Supermarkt Ada (Turki/Maroko), supplier daging dengan label
Supermarkt Ada (Turki/Maroko), supplier daging dengan label “Helal”😀. Foto: google

Untuk barang2 kualitas bagus itu di Albert Heijn dan Jumbo. Supermarketnya gede, bersih, lengkap. Kalo belanja disini jangan lupa minta kartu Bonus (gambar kanan bawah) dan rajin cek website untuk lihat promo tiap minggu. Lumayan bingits loh. Yang dibeli adalah krupuk udang buat Yang Mulia Suami dan sabun merk Neutral (untuk sabun mandi/shampoo anak dan sabun cuci). Kenapa harus sabun ini? Karena kulit kami sekeluarga (ternyata) cukup sensitif, sodara sodara. Jadi musti beli sabun untuk sensitive skin & non-perfume. Jatuhnya mahal. T-T Selain itu juga kalo lagi pingin Nutella atau Ovomaltine, juga susu favorit Arga, Chocomel.

Albert Heijn. Luas, bersih, ada teh/kopi gratis, dimana-mana ada. Buka sampe malam, termasuk hari minggu. :)
Albert Heijn. Luas, bersih, ada teh/kopi gratis, dimana-mana ada. Buka sampe malam, termasuk hari minggu.🙂 Foto: google

ah2

Tiga toko asia pengobat rindu bahan makanan Indonesia dibawah ini ada di Enschede: Tai Wing, Het Oosten dan Peter Hu. Kalau ingin tahu tempe, beras pandan, kecap bango, sambel terasi abc, ikan asin, terasi, segala bumbu, cabe rawit, kacang panjang, bumbu instan, santan, kerupuk, rempeyek, telur bebek, bebek nya sendiri, sampe daun pisang, balpirik, geliga, minyak telon, maka main main lah kemari😆😆😆

cimg4260 cimg4265 cimg4243

Kalau lagi beli bensin di Gronau, kami mampir di Penny supermarkt, bersebelahan dengan Aldi dan Lidl. Harga barang di Jerman sebagian lebih murah dari Belanda, misalnya telur, roti (dan lebih banyak variasi dan enak!), buah. Disini saya juga nemu beras yang bisa dibuat lontong, bermerk Macariso. Jadi dalam satu kotak, ada 8 plastik beras, tinggal direbus sekitar 1 jam dan voila, jadilah lontong pelengkap sate!😀

Penny supermarkt, Gronau, Jerman. Banyak barang yang mursida disini.. :)
Penny supermarkt, Gronau, Jerman. Banyak barang yang mursida disini..🙂 Foto: google

Kalo lagi ngidam cemilan enak, saya suka ke Den Haag atau Utrecht untuk mampir ke Marks & Spencer. Bukaaan, bukan mo belanja baju. Tapi belanja cookies, cake, mini bites dan semua-muanya yang enak dan dikemas cantik. Favorit saya scottish shortbread, belgian cookies dan mini bites (oatmeal & flapjack). Enak!

Marks&Spencer (MS) Food. Biasanya ke MS Den Haag atau BP Petrol Station di Utrecht. Snack nya juara enaknya :D
Marks&Spencer (MS) Food. Biasanya ke MS Den Haag atau BP Petrol Station di Utrecht. Snack nya juara enaknya😀 Foto : google

Selain M&S, saya juga kadang mampir ke Ikea di kota Hengelo. Bukan mo belanja mebel lagi. Tapi makan di restoran😉 dan beli Ikea Food di Marketnya di lantai bawah. Biskuitnya juga enak, tapi favorit saya tetep tarta chokladkrokantnya, endeusss😀

Ikea Food Market. Yang terdekat ada di kota Hengelo`;)
Ikea Food Market. Yang terdekat ada di kota Hengelo`;) Foto: google

Supermarket disini pun punya website. Jadi mak-mak disini rajin mengecek website tiap minggu biar tau minggu ini ada promo apa dimana.

Oia, tentang pasar tiban atau open markt. Ni pasar (kalo di Enschede) bukanya tiap hari Selasa dan Sabtu (doang. I know, I know😀 ) Kayak apa penampakannya? Ya kaya pasar di Indo, apa aja ada, bedanya disini bersih banget. Gitu doang sih. Kalo belanja sorean, waktu pasar hampir tutup, harga barang juga udah didiskon abis. Saya pernah kesorean sekitar jam 3an dan itupun untuk beli kibbeling (atau ikan goreng) dan patat (kentang goreng pake mayo dan onion). Trus saya keliling jam 4, dan saya dapat kembang kol 2 biji gede seharga 1 euro. Lalu melon kecil 4 biji seharga 1 euro. Dan aneka kibbeling (yang udah mo tutup tokonya) sewadah kertas besar (kira2 4x porsi biasa) seharga 5 euro. Padahal kalo pagi/siang, 1 porsi kibbeling sekitar 3-3.5 euro loh. Gitu deh kirakira.

Anyway, website supermarket di Belanda/Jerman:

  • Albert heijn  : www.ah.nl
  • Jumbo         : https://www.jumbo.com
  • Lidl              : www.lidl.nl
  • Ada             : www.adasupermarkt.nl
  • Aldi             : https://www.aldi.nl
  • Penny         : www.penny.de
  • Emte           : www.emte.nl
  • M&S Food  : https://www.marksandspencer.eu/De-Hague/hague-store,nl_NL,pg.html
  • Ikea Food   : http://www.ikea.com/nl/nl/store/hengelo/food

Author:

🇮🇩 in 🇳🇱 • wife&mom 👪 • parent teacher 🏫 • seasonal shopaholic 👜👠 • bookworm 📖 • dramafreak 🎬• bigeater 🍝🍣🍰 • aspiring blogger 📝

8 thoughts on “Hidup di Belanda: Groceries Shopping a.k.a Belanja Bahan Makanan

  1. Wihiii ini baru yahuuudd dan niat abiez ahahahaa… hebaat hebaaatt keren nih bnr2 informatif sekaligus menghibur😀 jd sedikit ada bayangan yah hidup disana kya apa🙂

    Daku msh blm dpt ilham utk menulis kembali nih mbak *lbh tepatnya blm ada bahan* hahahaa….

  2. Wuih… hebat bener ini mbaknya… menaikkan nafsu belanja… belum2 ik sudah browsing mau ke MS DenHaag (tanggung jawab yooo, temenin!)

    1. Hai Piia, salam kenal.. nggak keren ko, biasa lagi iseng pengen posting ini. syukurlah kalo trus bisa ngasih sedikit bayangan tentang hidup di belanda🙂

Leave a Reply

