Posted in Enschede, hidup di belanda

Hidup di Belanda: Sekilas tentang biaya hidup untuk keluarga

Setelah postingan saya yang sangat tidak penting mengenai (beberapa) barang yang ada, sulit ditemui dan tak ada di Belanda disini, maka kali ini saya mencoba bikin perkiraan (kasar) tentang biaya hidup kami di Belanda per bulan.

Referensi untuk income requirement bisa dilihat di website IND (https://www.ind.nl/particulier/familie-gezin/kosten-inkomenseisen) yang berlaku sejak 1 Januari 2015 (bisa berubah tiap tahunnya). Kalau dalam pengajuan MVV to stay with spuse/partner, income requirement ini diperlukan untuk menunjukkan kalau kita memiliki pendapatan yang mencukupi dan berkelanjutan, selama suatu periode waktu (12 bulan). Standar yang diikuti adalah Wet minimumloon en minimum vakantiebijslag atau WML (Minimum Wage and Minimum Holiday Allowance) sebesar € 1,621.95. Untuk income per month excluding holiday ditetapkan € 1,501.80. Lumayan ya.

Terus berapa yang keluarga saya habiskan (kira-kira) dalam sebulan? Jawabannya untuk biaya hidup, ada yang fix dan ada yang relatif. Coba dilihat dulu tabel dibawah ini. Jangan keburu emosi loh😀

(perkiraan) biaya hidup keluarga saya di enschede, belanda tahun 2015
(perkiraan) biaya hidup keluarga saya di enschede, belanda tahun 2014-2015

Sekali lagi, ini relatif ya. Lain lubuk lain belalang kata guru SD saya mah. Tiap rumah tangga pasti beda-beda. Biaya hidup yang wajib dibayar dan besarannya fix (bagi kami) adalah sewa rumah, asuransi kesehatan, tagihan air, pajak sampah, tagihan internet/TV, serta asuransi dan tax mobil. Biaya yang wajib dibayar dan besarannya relatif adalah tagihan listrik/gas. Biaya yang relatif adalah belanja mingguan, makan di luar, tambahan sekolah anak dan transportasi (apakah bensin mobil, tiket kereta, dsb). Angka bulanan terakhirnya agak bikin surprised juga karena melebihi standar WML yang saya sebutkan di atas.

Jumlah segitu ga bisa ditekan lagi kah? Jawabannya bisa banget. Saya kasih contoh salah satu pengeluaran besar kami, yaitu mobil. Kami memutuskan hal ini cukup lama setelah kami tinggal beberapa bulan di Belanda. Kalau gak ada mobil gimana? Ya nggak apa-apa. Saya pun bersepeda tiap hari, transportasi umum (kereta dan bis) juga melimpah. Lalu sewa rumah. Kebetulan rumah yang kami tinggali adalah tipe single house. Masih banyak tipe rumah seperti apartemen yang lebih hemat dari rumah tipe single seperti rumah kami. Namun untuk mencari rumah ini akan saya jelaskan di post terpisah ya. Kami juga tinggal di kota kecil, bukan kota besar seperti Amsterdam dan Den Haag, yang (pasti) housing jauh lebih mihil disana. Lalu pemakaian listrik dan gas, saya rasa sudah ada banyak blogger yang men-share cara menghemat pemakaian energi bulanan. Belanja mingguan dan makan di luar juga bisa banget lebih dikelola. Sampai seberapa? Ya kalo itu mah tergantung masing-masing.

Terus, dengan biaya hidup segitu dalam sebulan, dengan beasiswa satu orang cukup?

YA MENURUT EEEELL! *emosi*

Tentu tidak. Namun alhamdulillah saya sempat ngambil master dan dapat beasiswa pula. PRnya sekarang ini, ketika saya dah selesai, kedepannya mo pigimana. Nah lo.😆😆😆

Oke deh, semoga bisa sedikit memberi gambaran untuk hidup di Belanda. Veel succes en tot ziens!😉

Author:

🇮🇩 in 🇳🇱 • wife&mom 👪 • parent teacher 🏫 • seasonal shopaholic 👜👠 • bookworm 📖 • dramafreak 🎬• bigeater 🍝🍣🍰 • aspiring blogger 📝

8 thoughts on “Hidup di Belanda: Sekilas tentang biaya hidup untuk keluarga

  1. Dear mb Cetut… Boleh minta emailnya mba? Ada yg mau ditanyakan ttg stuned & visa yg tdk tertera di blog🙂

      1. hi Mba Cetut, boleh sya minta email? saya rencana mau pindah ke Eindhoven dan ada beberapa hal yg mau sy tanyakan.. thanks

Leave a Reply

