Posted in Enschede, hidup di belanda

Hidup di Belanda: Sekilas tentang biaya hidup untuk keluarga

Setelah postingan saya yang sangat tidak penting *blog apasih ini* ๐Ÿ˜† mengenai (beberapa) barang yang ada, sulit ditemui dan tak ada di Belanda disini, maka kali ini saya mencoba bikin perkiraan (kasar) tentang biaya hidup kami di Belandaย per bulan. *nggak penting-penting amat jugasik* ๐Ÿ˜†

Referensi untuk income requirement bisa dilihat di website IND (https://www.ind.nl/particulier/familie-gezin/kosten-inkomenseisen) yang berlakuย sejak 1 Januari 2015 (bisa berubah tiap tahunnya). Kalau dalam pengajuan MVV to stay with spuse/partner, income requirement ini diperlukan untuk menunjukkan kalau kita memiliki pendapatan yang mencukupi dan berkelanjutan, selamaย suatu periode waktu (12 bulan). Standarย yang diikuti adalahย Wet minimumloon en minimum vakantiebijslag atauย WML (Minimum Wage and Minimum Holiday Allowance) sebesarย โ‚ฌ 1,621.95. Untuk income per month excluding holiday ditetapkanย โ‚ฌ 1,501.80. Lumayan ya.

Terus berapa yang keluarga saya habiskan (kira-kira) dalam sebulan? Jawabannya untuk biaya hidup, ada yang fix dan ada yang relatif. Coba dilihat dulu tabel dibawah ini dan diresapi baik-baik. Jangan keburu emosi yaaa ๐Ÿ˜€

(perkiraan) biaya hidup keluarga saya di enschede, belanda tahun 2015
(perkiraan) biaya hidup keluarga saya di enschede, belanda tahun 2014-2015

Sekali lagi, ini relatif ya. Lain lubuk lain belalang kata guru SD saya mah. Tiap rumah tangga pastiย beda-beda.

Biaya hidup yang wajib dibayar dan besarannya fix (bagi kami) adalah sewa rumah, asuransi kesehatan, tagihan air, pajak sampah, tagihan internet/TV, serta asuransi dan tax mobil.

Biaya yang wajib dibayar dan besarannya relatif adalah tagihan listrik/gas. Biaya yang relatif adalah belanjaย mingguan, makan di luar dan biaya tambahan seperti sekolah anak dan transportasi (apakah bensin mobil, tiket kereta, dsb). Angka bulanan terakhirnya agak bikin surprised juga karena melebihi standar WML yang saya sebutkan di atas.

Jumlah segitu ga bisa ditekan lagi kah? Jawabannya bisa banget. Saya kasih contoh salah satu pengeluaran besar kami, yaitu mobil. Kami memutuskan hal ini cukup lama setelah kamiย tinggal beberapa bulan di Belanda. Kalau gak ada mobil gimana? Ya nggak apa-apa. Sayaย pun bersepeda tiap hari, transportasi umum (kereta dan bis) juga melimpah.

Lalu sewa rumah. Kebetulan rumah yang kami tinggali adalah tipe single house. Masih banyak tipe rumah seperti apartemen yang lebih hemat dari rumah tipe single seperti rumah kami. Namun untuk mencari rumah ini akan saya jelaskan di post terpisah ya. Kami juga tinggal di kota kecil, bukan kota besar seperti Amsterdam dan Den Haag, yang (pasti) housing jauh lebih mihil disana.

Terus untuk pemakaian listrik dan gas, saya rasa sudah ada banyak blogger yang men-share cara menghemat pemakaian energi bulanan. Belanja mingguan dan makan di luar juga bisa bangetย lebih dikelola. Sampai seberapa? Ya kalo itu mah tergantung masing-masing.

Terus, dengan biaya hidup segitu dalam sebulan, dengan beasiswa satu orang cukup?

YA MENURUT EEEELL! *emosi*

Tentu tidak. Namun alhamdulillah kami masih survive dan baik-baik saja.

Ketika saya sempat ngambil master dan dapat beasiswa, biaya hidup is no problemo. Pe-erRnya adalah sekarang ini, ketika saya dah selesai kuliah, dan kami sekeluarga ‘hanya’ akan ditopang allowance si Ayah yang tanpa tunjangan keluarga. Nah. #trusakukudupiye ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

Oke deh, semoga postingan tidak penting ini bisa sedikit memberi gambaran untuk hidup di Belanda. Veel succes en tot ziens! ๐Ÿ˜‰

Advertisements

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

10 thoughts on “Hidup di Belanda: Sekilas tentang biaya hidup untuk keluarga

  1. Dear mb Cetut… Boleh minta emailnya mba? Ada yg mau ditanyakan ttg stuned & visa yg tdk tertera di blog ๐Ÿ™‚

      1. hi Mba Cetut, boleh sya minta email? saya rencana mau pindah ke Eindhoven dan ada beberapa hal yg mau sy tanyakan.. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s