Posted in misc

Module 10. Societal Response and Reflection on NRM

Hayhay pritipipel! Apa kabar, semoga sehat selalu ya.. Kali ini saya mau lanjut sharing (atau mendokumentasikan) course module selama saya kuliah master di NRM Dept, Faculty of Geo-science, UTwente. Setelah module sebelumnya membahas tentang Cause & Impact (disini), maka module ini membahas mengenai Societal Response, kelanjutan dari seri “Impact” dalam framework DPSIR.

Lain dengan module2 sebelumnya, module ini berisi FULL project group work selama 3 minggu. Komposisi nilai adalah group reportย 50% dan individual essay 50%. Betul, writing semua, mak. *glek* Di awal module, kami diminta untuk memilih 4 pilihan module berdasarkan preferensi. Misalnyaย saya pilih 3412, temen saya 3214. Kalau kami cepat, maka kami bisa sama2 dapat pilihan pertama untukย grup 3. Udah zanzian sih sama beberapa sohib, tapi ternyata dipisah dong beda kelompok T-T

Anyway. Empat (4) pilihan case study (dan berikut foto2 waktu kami bertandang ke lokasi case study) adalah sebagai berikut:

Case 1. Reconstruction zoning in Overijssel

mod105
not my case study๐Ÿ˜› all I know that these houses are so d*mn expensive…

Case 2. Pressure on the green env: urban sprawl

mod10
also not my case study..
mod101
and this one as well. i didn’t know what were they talking about๐Ÿ˜†

Case 3. Wind turbines in Overijssel

mod102
Finally my group! Besides physical aspects like the wind itself, the turbine types, the capacity, etc, wind turbines project should also considers several aspects such as bird migration… *cool*

Case 4. Ecological corridors & Botanical Diversity

mod104
it was a lovely day. such a nice day to go for a walk in the forest๐Ÿ˜€

And last but not least…

mod103
my favourite part of fieldwork: LUNCH TIME!!! Me like it!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Group saya berisiย 6ย orang, dari Serbia, Kenya, Portugal, Iran, Egypt and myself. Komposisinya separuh cewek dan separuh cowok. Dan sebagaimana normalnya groupwork, cencu sajaย ada konfliknya! Seru kaaan. Di departemen NRM ini di setiap module selalu ada group work. Alasannya sederhana. Ketika seseorang bekerja dalam pengelolaan sumber daya alam – aliasย NRM – maka harus bekerja bersama, tidak bisa kerja sendiri. Dan kami dibaurkan supaya saling mengenal dan mengetahui karakter berbagai teman kami.ย Logis kan? Tapi apakah di kenyataannya bisa berjalan seindah itu?

Yaa menurut ngana…..

Kenyataannya, si ketua dari kenya sama si porto berantem aja bawaannya. Ada satu momen dimana mereka dah bakal saling nonjok muka lawannya. Kalo dah begini, biasanya saya kebagian menenangkan si banteng porto, sedangkan rekan saya yang dari serbia yang menemani si ketua. Anggota yang lain mah diem aja. Kerja kerja, enggak ya udah cabut. Padahal ada banyak momen (hampir seluruhnya malah) kita dituntut untuk berinteraksi. Karena udah tau kemampuan dan kesukaan masing2, maka pembagian kerja (sebenarnya) mudah. Mana semuanya pinter dan kritis. Tapi ya kalo dah dasarnya sensi mo diapain lagi *pasrah* *sabar*

Ada momen lucu waktu groupwork dah selesai bikin report dan kami mustiย presentasi. Kami berinisiatif bahwa semua anggota tim harus ngomong di depan. Bayangin, total 20 menit dibagi 6 orang, jadi 1 orang kebagian 3 menit doang. Bakalan lari-lari ngomongnya dan enggak enak kan. Jadi kami mencoba membuat transisi yang smooth antar anggota. Ketika tiba giliran saya selesai, saya bilang, “Lord Hossein, the floor is yours.” Eh dia nanggepin, “Thank you, Lady Astuti.” Sontak sekelas ketawa semua termasuk para docent-nya.

Assignment kali ini semuanya writing. *duhGusti* Dan modul ini cukup bikin saya relijius dan berdoa cukup kenceng supaya lulus๐Ÿ˜† Feedback individual essay nya itu loh, makjleb!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Anyway, average mark saya kali ini 78, alhamdulillah..

Okey segini dulu, disambung lagi sama cerita thesisnya.
Tot ziens!๐Ÿ˜€

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

2 thoughts on “Module 10. Societal Response and Reflection on NRM

  1. Hallo Astuti,

    Perkenalkan nama saya Iwan. Senang sekali membaca blog anda terutama tentang modul-modul perkuliahan di ITC karena insyaallah 14 Sept 2015 saya mulai kuliah di ITC dgn jurusan Urban Planning and Management….Deg2an nih kata2 org kuliah di ITC berat karena saya belum pernah belajar tentang penginderaan jauh apalagi S1 saya arsitektur…๐Ÿ™‚

    1. Halo Iwan, salam kenal๐Ÿ™‚

      Terimakasih sudah mampir, saya yang senang banget kalau blognya bisa bermanfaat.
      Waah selamat ya keterima di UPM, nanti inshaAllah ketemu di Enschede. Kata siapa berat? Salah tuh. Yang bener kuliah di ITC ituh beraattt bangeett. Wkwkwk. Just kidding.
      Anyway, ada ko beberapa teman saya yang kuliah di UPM dan backgroundnya arsitektur, salah satunya blogger yang saya follow๐Ÿ™‚
      Sukses selalu, ya. Ditunggu cerita kuliah di UPM-nya.

Leave a Reply

