Posted in Enschede, master

Module 9. Causes and Impact of Changing Resources

Jumpa lagi dalam posting tentang kuliah master saya. Setelah melewati module 7 & 8 disini dan disini, maka kali ini saya akan sharing tentang kelanjutannya yakni module 9 untuk natural resources management. Isi dari module ini adalah :

  1. Model taxonomy, linear regression & R
  2. Multiple regression and dummy variables
  3. Collinearity and Interactions
  4. Logistic regression for land cover modelling
  5. Spatial Multi Criteria Evaluation (SMCE)
  6. Spatial Dynamic Modellilng
  7. Dynamic LU modelling and impact on NR
  8. Species distribution modelling

Kick-off minggu pertama modul ini adalah.. statistik, statistik dan statistik. Di module2 sebelumnya, statistik nya berkisar di descriptive, inferential dan sampling design. Di module ini, statistik dimulai dari linear regression, multiple regression, co-linearity dan sebagainya. Sebagai anak MIPA yang notabene kenyang sama matematika dasar, kalkulus dasar sampe lanjut, algoritma dan sodara2nya maka minggu pertama ini saya bisa lalui dengan (lumayan) santai. Potong allowance saya kalo sampe nilai ujian saya kurang dari 85. *sombong* *kemudianditamparYangMahaKuasa*😆

Minggu kedua, materinya tentang modelling. Oh iya, Causes and Impact ini adalah masih kelanjutan serial dari modul2 terdahulu dalam skema framework DPSIR (Driving Forces-Pressure-State-Impact-Response). Kalau module 5 mengenai conceptual diagram adalah lebih ke telaahan sistem secara general, module 7&8 mengenai Mapping and Monitoring Natural Resources adalah cerita tentang “State”, maka module ini adalah telaahan “Causes” dan bagian “Impact” nya. #ehkokjadiserius😆

Masuk minggu kedua dan minggu ketiga, tampang saya sudah berubah jompo saking banyaknya kerut di jidat, sekitar mata dan mulut. Gara-gara penyakit kronis saya, yang ingin selalu mengerti sedalam-dalamnya. Kalimat tanya favorit saya adalah, “why?” “how come?” “how?” Sampai bikin gila teman2 saya saking detilnya. Sampai pada satu ketika, saya print satu bagan modelling dalam kertas A3 dan saya telusuri satu demi satu model ruwet itu agar saya bisa mengerti apa yang terjadi disetiap langkah, di setiap parameter ada variabel apa, agar bisa paham satu model. Gila banget ya. *malu* *kabur*

Assignment nya adalah essay 1500 kata (3 halaman), select two models, compare and contrast them, with your own words. Ini yang susah. Dikala kemampuan English writing saya masih sebatas nulis sapaan, requirements nya disini adalah academic writing pun dengan kata-kata sendiri. Yang mana nyaris musykil, konon apapun yang kita tulis, ketika di browse di mbah Google, sudah pernah ada yang nulis tentang apapun itu bertahun-tahun yang lalu. Meh. Dan frase “with your own words” berarti essay akan dicek pake software plagiarism andalan kampus, Yang Mulia Ephorus. *galau*

Anyway, syukurlah module ini berakhir indah. Dengan komposisi statistic exam 50% dan essay 50% (yang mana menguji kemampuan writing saya yang pas-pasan) alhamdulillah nilai akhir saya untuk module ini adalah 84, yang tentu saja penyelamat nilai akhir saya adalah statistic exam-nya. Wkwkwk.

Okay, sampe jumpa di posting berikutnya. Sukses selalu, pretty people!😉

Author:

🇮🇩 in 🇳🇱 • wife&mom 👪 • parent teacher 🏫 • seasonal shopaholic 👜👠 • bookworm 📖 • dramafreak 🎬• bigeater 🍝🍣🍰 • aspiring blogger 📝

Leave a Reply

