Posted in master

Module 11. Research Skills

Tulisan ini (lagi-lagi) udah ada di draft dari entah kapan *gebukdirisendiri*

Anyway. Modul ini kembali ke konsep modul umum buat satu fakultas, namun spesifik untuk membekali kita menghadapi fase research *gemetaaarrrannn*๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Yang sudah menjelang di depan mata. Yang artinya, sudah memasuki block 3 (yang pernah saya jelasin disini nih) yang dominan “student-lead” alias udah 75% student yang atur sendiri semuanya.

Di module ini yang berlangsung kira-kira bulan Mei-Juni, setelah submit topik buat thesis research gitu deh. Kuliahnya di auditorium lagi, bersama ratusan orang seperti waktu kuliah jaman Core Module yang pernah saya share disini. Asik lahย ketemu teman dari berbagai jurusan. Yang punya kecengan dari jurusanย lain pasti bahagia bukan kepalang, tuh. *apasik* Bagi saya, enaknya kuliah umum ini bisa bolos loh, karena kuliah bisa lewatย live streaming dari rumah. Keren, ya?๐Ÿ˜€

Komposisi module ini agak unik. Ada aspek kehadiran yang dinilai yakni 10% *gagalbolos*, lalu sisanya ada 3 assignment @30%. No exam. Yang bagi sebagian orang adalah surga, sedang bagi saya malah berasa neraka. Karena ujian adalah andalan saya untuk lulus. Karena berasa orang baru banget di GIS, kemampuan teknis saya jauh dari advance, dan saya lebih kuat di konsep dan teori. Hiks.

Mulai disini saya merasa ketinggalan dari teman-teman, termasuk para anak baru yang piyik piyik ajaย nilainya bagus semua.. hiks. Entah kenapa performa saya agak menurun di module ini. Atau sayanya yang emang lagi down, homesick, or whatever sehingga udah ga gitu semangat kuliah. Kalo dikata grafik sinus, saya udah ada di perosotan ke arah bawah nih, gawat. Jadi agak setengah mati memompa semangat diri sendiri agar tetap stabil. *curcol*

Yang berasa ga adil, standar tiap jurusan sepertinya (menurut saya loh) kokย lain-lain. Ada satu jurusan yang nilainya bagus semua, ada yang jeblok semua. Sementara standar penilaian di jurusan kami bisa dibilang sangat detail dan rinci, sampai *istilahnya* koreksian assignment saya sampai titik koma nya, huks T-T Setelah berjuang keras, alhamdulillah nilai akhir saya pas diangka 80. *sujud-syukur*

Materi module ini isinya:

  • What is science? The scientific enterprise
  • Research problems, objectives, questions
  • Finding and evaluating relevant information
  • Literature review & use of citations
  • Conceptual and research frameworks
  • Critical reading of scientific papers
  • Selecting and justifying methods
  • Technical writing – structuring + outlining
  • Argumentation and inference
  • Technical writing – technical English
  • Scientific ethics
  • MSc thesis process (qualifier, midterm, final) & concepts of quality

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

