Posted in master

Module 12. Integrated assessment: Applying principles of CBA and economics in spatial planning

Sebagai kelanjutan dari modul research skills, maka module 12-13 adalah advanced modules. Matakuliah pilihan kalo kata kita mah. Jadi banyak banget pilihannya, dan kita disarankan mengambil mata kuliah yang bisa mendukung buat thesis research nantinya.

Setelah diskusi dengan (calon) supervisor, maka untuk module 12 saya alih jurusan ke bagian ekonomi dan ke departemen Urban Planning Management (UPM). Sebenarnya, nih ya, akik pingin ganti ke kelas Carbon namun udah telat. Tidak diapprove sama course director saya, hiks. T-T Maka dengan membulatkan tekad dan mengusap air mata di pipi *halah* saya masuk ke ruangan. Dan ternyata sekelas hanya 6 orang saja. Alhamdulillah ada temanย orang Indo, yang lain dari Vietnam, Iran dan Porto.

Pas di kelas kecil ini lah saya mengalami masa aktif-aktifnya. Lah pegimana gak mau aktif. Udah dosennya selalu minta pendapat dan feedback, dan kalo belom ngomong di kelas, pasti dipanggil. Diskusi antar student atau dengan dia juga dituntut aktif. Padahal saya pemalu berat, dasarnya introvert dan sedikit autis *glek* Makanya sebelum ditanya, saya pasti nanya duluan. Sebelum masuk kelas selalu nyempetin baca materi biar enggak cengok di kelas. Ga pernah absen karena pasti ketauan. Parno dikit jugak, karena yang dipelajari ekonomi.๐Ÿ˜€ Yang bikinย semangat adalah sesi CBA di bidang lingkungan, tentang valuasi lingkungan gitu deh. Walau singkat, namun pastinya memberi saya gambaran yang berguna buat kerjaan nanti.

Komposisi module ini adalah 50% exam dan 50% assignment. Nilai assignment saya alhamdulillah cukup memprihatinkan,๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† sekaligusย melegakan karena jeblok bebarengan sekelas๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† *gituajabangga* Ujiannya, seperti biasa, membantu menaikkan harga diri saya yang kebanting akibat nilai assignment. Alhamdulillah module ini juga lulus. Adapun isi module ini adalah:

  1. Cost-Benefit Analysis: Main Issues
  2. CBA Infrastructure and Transport
  3. CBA Land & Space
  4. CBA Environment
  5. CBA Hazard & Risks
  6. Strength & weakness of CBA
  7. Final assignment (sesuai @research)

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

