Posted in Enschede, master

Module 13. SEA and EIA applying Support Decision Tools

Hai haiiiii. Kali ini saya mau lanjut cerita tentang pengalaman mengikuti module selama kuliah master jurusan Natural Resources di Faculty of Geo-science, University of Twente. Jadi sesi selanjutnya adalah dua advanced modules alias modul lanjutan dengan mata kuliah pilihan, yang pertama saya share disini. Kali ini karena ber-background pekerjaan di bidang lingkungan hidup, maka mata kuliah ini saya ambil. Saya pernah juga sih dapat diklat serupa, yakni diklat Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang pernah saya tulis disini. EIA ini kurang-lebih mirip dengan Amdal, bedanya Amdal dilengkapi aspek sosial dan kesehatan gitu deh. Kayaknya. Haha.

Adapun komposisi module adalah sebagai berikut:

  1. Environmental Impact Assessment (EIA)
  2. Strategic Environmental Assessment (SEA)
  3. Environmental Assessment (EA): GIS & Remote Sensing
  4. Spatial Decision Support System: EA & Multi Criteria Analysis
  5. Hazard, Vulnerability & Risk in EA
  6. SEA space for river plan: fieldtrip
  7. Object Oriented Image Classification in EA
  8. Analysing changing risk for planning, ecosystem based DRR
  9. SEA & Biofuels
  10. Economic Valuation in EA
  11. Fragstat
  12. Project work

Kayaknya komposisi penilaiannya 60% project work report dan 40% individual assignment. Lagi-lagi writing. *nangis*

Di module ini semangat saya alhamdulillah sudah lumayan kendor😆 Banyak sesi pilihan, boleh ikut atau tidak, dan akhirnya milih gak ikut *anaknakal* Yang paling nikmat dari module ini adalah main-main seharian😆 field trip ke Zwolle (which is ibukota propinsi Overijssel) untuk mendengarkan kuliah dari bapak pejabat ibukota, kota Kampen (keliling Centrum dan makan roti enak) dan foto-foto narsis di area Shockland. *maafkan* Shockland adalah area yang di masa lalu berupa lautan, lalu ditimbun menjadi daratan, if I’m not mistaken.

Kali ini ada project work, dan group work lagi. I should admit that saya nggak beruntung kali ini. Satu tim saya bertiga untuk garap project bioenergy, dan dua rekan se-tim saya (dari Iran dan India) gontok-gontokan mulu. Capek pikiran, karena waktu ngegarap project-nya hanya sekitar 3 hari, capek hati, karena mesti menenangkan sana-sini (selain hati saya sendiri).

Orangnya ngeyel banget, gak percayaan, termasuk di laporan akhir dia bilang dia bisa kerjain. Yang hasilnya atapiruloh jeleknya. Kami sudah peringatkan, disini standar writing-nya tinggi, yang begini pasti ga diterima. Malah marah. Katanya kalian (saya dan teman saya yang lain) ga percaya sama dia karena dia anak baru. Akhirnya saya berkata dengan suara keras ke teman saya *yang-penjual-kain-pasar-baru* bahwa kita semua sudah bekerja keras, kamu dan dia. Saya pun lembur sampai jam 3 pagi tadi. Jadi tidak perlu berburuk sangka, kita semua mengusahakan yang terbaik, karena nilai ini nilai tim. Dan bener aja, setelah di review sama dosen pembimbing kita (dan mereka berdua dah pergi liburan), ternyata laporan tersebut musti diperbaiki. Nyaris total. Oleh saya sendiri pulak. T-T *huks*

Penyelamat muka saya kali ini adalah bagian individual assignment dengan nilai nyaris seratus! *sujud-syukur*😆😆😆 , sedangkan project report nya lumayan, you know lah karena apa, dan nilai akhir 80. Alhamdulillah. Eh serem loh, karena beberapa tim lain gak lolos reportnya (di bawah 60 nilainya) jadi mesti ngulang dsb. Repot abis.

Anyway. Ini dia foto-foto waktu  kami main-main seharian fieldtrip.😆

Kampen Trip
Sesi serius di Zwolle. Ah, ada ibu cantik yang mengurus bagian Amdal alias EIA, I like her style so much, sayang gak kefoto🙂
Kampen Trip1
Ini di kota Kampen, lokasi project Room for the River. Karena di masa lalu daerah ini sering kebanjiran macam Kali Code, maka instead of nyiapin karung pasir, mereka membuat project untuk memperbesar dan/atau membuat kembali sungai yang telah tiada/ditiadakan di masa lalu.
Kampen Trip2
Numpang narsis di Shockland. Area yang dulunya lautan, kini daratan. Itu sajah😉😀😆

Author:

🇮🇩 in 🇳🇱 • wife&mom 👪 • parent teacher 🏫 • seasonal shopaholic 👜👠 • bookworm 📖 • dramafreak 🎬• bigeater 🍝🍣🍰 • aspiring blogger 📝

Leave a Reply

