Posted in master

Module 14. Biomass Estimation and Carbon Assessment for Climate Change Research

Lanjut cerita tentang module semasa saya kuliah master, ya. Meskipun agak basi karena udah lewat, tapi saya pingin mendokumentasikan segala pengalaman terkait masa-masa perkuliahan master tersebut. Module 14-15 ini disebut Research Themes/MSc Qualifier, yang mana merupakan masa persiapan dan research proposal. #hyaoloooh

Masa singkat module 14 ini tetaplah 3 minggu saja. Proposal writing pada module 15 juga 3 minggu saja. *nangis* Oh iya, penjelasan resminya silakan dilihat disini. Di jurusan kami yakni Natural Resources memiliki research theme Forest Agriculture and Environment in the Spatial Sciences (FORAGES). Saya lupa apa aja, tapi intinya ada kelompok Forestry, Ecology, Wildlife, Agriculture. Kayaknya sih. #ditampol😆

Di kelas forestry, kami sekelas (masih) dibagi beberapa kelompok. Teman-teman dekat saya sudah bubar, nggak ada yang sekelas disini. Akhirnya gabung saja dengan teman yang ada. Kelompok saya berempat, dua dari Indonesia dan dua lagi dari Afrika.

Trus apa yang dikerjakan selama 3 minggu?

Minggu pertama adalah membuat conceptual diagram untuk masing-masing research. Itu susah, loh. Tambahan pula supervisor saya nggak ada. Meskipun beberapa minggu terakhir saya sudah intens kontak ke supervisor mengenai research objectives dan questions saya. Jadi di situ sudah clear sih, minimal nyawa risetnya sudah ada. Tapi saya nggak pinter bikin konsep. Itu seperti merangkum permasalahan umum, yang sudah dilakukan apa, yang belum diketahui apa, risetnya di bagian mana, dan mo gimana. Dalam satu bagan. Coba. Meski pada akhirnya saya bisa membuat konsepnya secara simpel, keseluruhannya dapat, dan mudah dicerna. Tapi perjuangan dan pusingnya itu, mak. Bayangkan teman-teman saya yang belum tau mau ngapain.

Minggu kedua adalah training skills, kita diajarin pakai peralatan anak forestry ke lapangan,yaitu di hutan Haagse Bos & Snippert Forest. Kesananya dipersilakan mau naik apa, jadi kami terbagi jadi dua tim: tim sepeda dan tim naik bus/jalan kaki. Jaraknya sih 8.8 km, nyepeda (menurut google) 25 menit, dan aslinya sekitar 45 menit😆😆😆 Sebelum ke lapangan, as usual kami diminta mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan seperti: tujuan, parameter yang mau diukur, peralatan, perencanaan sampling, peta sampling, dan lain sebagainya. Which is no problem to me. Tapi ketiga teman saya yang lain, haduuh bangets. Karena walaupun ini team work, aslinya kita dilatih individual untuk mempersiapkan research kita masing-masing. Ketika sampai di tujuan pun, kedua dosen kami bertanya, “kita mau kemana? titik sampling pertama dimana?” Dan semua orang pun terdiam. Termasuk saya, yang pendiam akut.😆

Tapi para dosen itu mah sudah kenal sama kami semua, jadi dia langsung ngomong, “Astuti, show us what you have. You already made your maps yesterday.” Walah mak. Akhirnya saya tunjukin dua titik sampling, dan ditanya lagi, “Where are we now? Why do you choose these two?” Yang lalu saya jawab, kita disini (sambil nunjuk peta yang saya print. Kita ke arah sana, karena ada dua titik yang berdekatan, yang mewakili dua kelas yang kami inginkan, berdasarkan stratified sampling map saya. Lalu dosen saya menjawab, “okay, show us the way”. Fiuhh.

Jadi hari itu saya belajar jadi anak forestry to the max, banget deh. Pakai segala macam peralatan lapangan. Pelajaran perdana menjadi orang hutan😀

Minggu ketiga, sesi laboratory introduction, dikenalkan sama peralatan lab yang ada di kampus. Disini saya mulai agak bolos. Kena sindrom ketakutan proposal gitu. Dah bingung kelabakan siapin proposal.

Untuk pass module ini, perlu buat reflection report yang akan dinilai pass/fail. No mark. Sebagian teman udah malas aja bikinnya walau cuma dua lembar. Saya, karena penyakit, dipikir bener-bener. Dibuat bener petanya, dihitung bener karbonnya. Walau gak ada mark juga, tapi rasanya kok belum puas kalo nggak mempersembahkan ‘the best of me’. Halah.

Salam super.

Author:

🇮🇩 in 🇳🇱 • wife&mom 👪 • parent teacher 🏫 • seasonal shopaholic 👜👠 • bookworm 📖 • dramafreak 🎬• bigeater 🍝🍣🍰 • aspiring blogger 📝

Leave a Reply

