Posted in cerita hari ini, pasca master

Pasca Master: Menjadi Parent Teacher di sekolah anak

Hoy allemaal! Apa kabar? Enschede murung pagi ini. Mendung-mendung galau gitu, semoga tidak perlu sampai hujan. Lagi nggak ada mood hujan-hujanan soalnya๐Ÿ˜†

Akhir-akhir ini saya banyak ditanya (sama keluarga, teman, dll) apa sih aktivitas saya setelah selesai sekolah master. Kalau dijawab mendampingi suami itu textbook banget deh. Kalo dibilang di rumah aja, ibu rumah tangga, pasti ada kelanjutannya (walau seringnya enggak sih, syukurlah yang disekeliling saya bukan tipikal orang2 kepo)๐Ÿ˜€

So far, kesibukan saya adalah mengurus rumah dan menjadi parent teacher/volunteer untuk periode 2015/2016 di sekolah anak saya. As you may know bahwa anak saya masuk international school sebagai primary schoolnya. Sebelumnya sih pernah masuk dutch pre-school, namun atas berbagai pertimbangan, akhirnya ya begini lah. Akan saya ceritakan di posting terpisah ya.

Terus, parent teacher itu apaan? Ngapain aja sih?

Parent teacher atau class mum adalah student’s parent yang membantu teacher. #terus-digebuk-yang-baca๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Secara umum, tupoksi dan tanggung jawab saya adalah:
– Memantau persediaan kelas sepertiย supply tissue, sabun cuci tangan, keperluan seni (kertas, kain, pita, dll)
– Memantau dan melaporkan isu atau keluhan para orang tuaย ke guru
– Mengorganisasi playdate, pertemuan dan pesta (termasuk planning, belanja, menjadi host acara)
– Menghubungi para orang tuaย untuk keperluan donasi di kelas (tissues atauย cupcakes).
– Mengumpulkan donasi dan membeli hadiahย untuk guru (dan/atau orang tua murid) di beberapa acara seperti Christmas, Valentineโ€™s Day, Teacher Appreciation Day, birthday, end of school year, event2 lain seperti kelahiran bayi,ย wedding shower, get well, dll.
– Menghubungi parents mencari chaperones untuk field trip.
– Mencari volunteers untuk membantu di kelas.
– Menjadi sumber informasi, menjawab pertanyaan untuk para orang tuaย baru.

Lumayan banyak ya tugasnya?๐Ÿ˜€

Sebagai sekolah swasta, tentunya di sekolah banyak (sekali) acara. Kurikulum yang digunakan yakni International Primary Curriculum (IPC) dengan berbagai topic yang berganti di setiap bulannya. Pernah salah satu topik tahun lalu adalah Jungle Animals. Saya membantu guru kelas sebagai narasumber (halah) sehari yang memberi presentasi dan informasi tentang Indonesian Animals yang tidak ada di negara lain. Yang ternyataย sangat disukai anak2, mereka sangatย pintar, responsif dan asertif semua. Sesi diskusi dan tanya jawab juga seru. Pertanyaannya serius, saya jawabnya serius. Komentarnya pun lucu-lucu, misalnya elang Jawa yang mereka bilang paling keren karena rambutnya di-gel.๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Pictures2
sharing about Indonesian animals to the very enthusiastic Teddy Bears last year๐Ÿ™‚

So far sih yang saya kerjakan adalah menjadi social butterfly bersosialisasi dengan para ibu terutama setelah sekolah, via grup whatsapp dan email. Kerjaan di sekolah dua minggu kemarin adalah mempersiapkan art supplies: menggunting fabrics dan kertas into small pieces dan decorations. Minggu ini dan minggu depan saya mengusulkan untuk library work, yaitu menyampul/memberi cover untuk buku2 sekolah dan membuat katalog buku, lalu mencari volunteer untuk membantu saya. Dan mencari ide tentang tema IPC yang sekarang: Houses.

20150917_084029ย 20150917_084056

Itu, dan kerjaan rumah di pagi hari seperti: menyiapkan sarapan dan lunch box suami dan anak. Kadang saya ikut mengantar anak sekolah, trus pulangnya jogging atau lari-lari balik kerumah. Atau mampir centrum dan belanja. Kerjaan siang adalah beberes rumah dan belanja. Dan browsing, tentu sajah. Sore saya naik sepeda untuk menjemput anak di sekolah. Malam menemani anak bermain dan belajar.

Itu aja sih. Secara batin, saya tenteram banget deh sekarang. Makan pun nikmat. Sampe timbangan naik beberapa kilo dan stabil di sana.๐Ÿ˜€ Segitu saja dulu, ya. Fijne dag en tot ziens!

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

