Posted in master

Module 15. Proposal Writing

Hoi! Alles goed?๐Ÿ˜‰ Barusan saya dapat kabarย dari seorang pembaca blog yang akan lanjut kuliah master juga di Belanda. Dia satu almamater dari universitas yang sama ketika saya S1 dulu, dan sering bertanya kepada saya via email. Dia mengabarkan bahwasanya beasiswa LPDP nya tembus, dan akan ke Belanda tahun depan๐Ÿ˜€ Saya ikutan senang banget deh.

Anyway, saya jadi ingat bahwa cerita kuliah master saya baru separuh jalan, jadi kali ini saya lanjut ya, setelah share tentang Module 14 persiapan proposal research disini. Ada pula tentang curhat kegalauan saya tentang topik thesis episode satu, dua dan tiga.๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Nah kali ini, di Module 15 adalah sesi Proposal Writing dan endingnya adalah MSc Qualifier alias defense proposal. *glek*

So. Tiga minggu untuk menulis proposal itu cukup kok. Nyaris. *menghibur diri* Toh hanya 10 halaman keparat saja. Maaf, just kidding.๐Ÿ˜†

As mentioned before, selama masa advanced modules (12, 13, 14) saya sudah berdiskusi secara intens dengan supervisor saya, sehingga pada saat masuk module 15 ini saya dah siapย research objectives dan questions. Yang perlu dibuat adalahย introduction dan methodology. Adapun metode yang dipelajari selama modul dan selama minggu sebelumnya menjadi tambahan informasi untuk menyusun proposal ini. Dan setelah berkonsultasi sama suami (karena beliau adalah dosen, berpengalaman membimbing, pun dari Forestry, maka saya dengarkan betul๐Ÿ˜€ ). He said that proposal ituย mesti kuat di metode, jelaskan sedetail dan serinci mungkin apa yang ingin kamu ketahui, bagaimana mengerjakannya dan hasil yang diharapkan nanti seperti apa.

Dan ini dia proposal punya saya.

atp_prop

Ada 13 halaman total, termasuk halaman judul (1 hal) dan appendix (4 hal).๐Ÿ˜€ Iya, untuk nulis 8 halaman itu, ada puluhan jurnal (mungkin sampe seratus) yang saya baca. Yang dimasukin disini mah yang menurut saya bagus dan related to the topic aja. As you may see bahwa sebanyak 5 hal dari bagian isi yang 8 hal itu berisi materials and methods. Bab 1 (Introduction) dan Bab 2 (Research Objectives & Questions) cukup dua setengahย halaman sajah.

Setelah proposal ini diapprove oleh supervisor, selanjutnya proposal ini saya submit dalam bentuk pdf. Proses selanjutnya adalah plagiarism check dengan software andalan kampus which is Lordย Ephorus. Setelah lolos cek plagiarism, maka akan ada email berisi jadwal defense meliputi hari, jam, lokasi dan siapa chairman nya. *lalukabur*๐Ÿ˜€

Setelah itu mempersiapkanย presentasi sebanyak 10 slides, waktuย presentasi 10 menit dan tanya jawab 20-40 menit. Alhamdulillah sayaย dapat chair yang lumayan kereng๐Ÿ˜€ , sangat typical Dutchman begitu. Saya juga konsultasi ke suami dan supervisor untuk mengkritisi slides saya. Pada hari H, saya dapat sesi di pagi hari. Cuaca cerah kala itu, sehingga cukup membuat suasana jadi ceria. Saya sempat melontarkan candaan ke supervisor kedua saya. Presentasi berjalan lancar, pertanyaan walau tidak semua terjawab, tapi saya mendapatkan feedback yang bagus dan (as usual)ย mak jleb.๐Ÿ˜†

atp_defense

Mereka berdiskusi di ruang lain selama beberapa menit. Lalu saya dipanggil, dan chairman memberitahukan bahwa qualifier ini adalah lebih ke diskusi, hasil saya good yang berarti lampu hijau. Malah ngomongnya sambil minum kopi dan becandaan saya disampaikan ke semuanya oleh supervisor kedua saya. In the morning, I told my spv that I could not believe I still tremble like Iย wasย going to give a birth. Langsung disambut tawa chairman, CD dan kedua orang supervisor saya. Setelah itu saya diberitahu bahwa proposal saya diapprove dan langsung dimintaย siap-siapย ke lapangan alias fieldwork.๐Ÿ™‚

Oh iya, hasil secara tertulis dikirim via email dari Course Director (CD) saya. Isinya berupa lembar penilaian dan feedback dari chairman dan kedua supervisor saya. Tapi bahkan saya sudah nggak kepikiran hasil tertulis itu, karena pasca defense saya sudah sibuk bikin planning untuk fieldwork. No break. At all.๐Ÿ˜€

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

