Posted in dapur

Masak amatiran ala Ashero Keuken: Ajam Ritja

Fyi, saya juga nggak pintar bisa-bisa amat masak. Saya dan dapur (before I got married) laksana acquaintance di Game The Sims. Cukup saling menatap satu sama lain. It happened mostly because my mother never allow me to do domestic stuffs like cooking, maunya beliau sih baik, kamu cukup belajar aja biar Ibu selesaiin urusan dapur begitu. Tapi jadinya saya keder kalo disuruh masak. Sampai sekarang sih benernya.๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Kategoriย dapur ini bakal hanya berisi sharing resep-resep sederhana yang gampang dimasak dengan bahan yang mudah didapat di sini. Kebanyakan sih dulu jaman kuliah master, teman-teman cowok yang single suka nanya resep masak yang praktis dan mudah. Dan requestย suami sore hari ini: ajam ritja atau ayam rica minim bumbu danย sederhana versi…ย saya.๐Ÿ˜† Secara sambal adalah peningkat nafsu makan yang paling efektif serta merupakanย bagian pentingย dari masakan nusantara.ย Hidup sambals!๐Ÿ˜†

Bahan yang dipakai hanya ayam, bawang putih, bawang merah, cabe, tomat (kalo ada), gula, garam, kecap dan penyedap (kalo suka). Proteinnya bisa apa aja, nggak harus sayap ayam. Saya suka sayap untuk resep ini sih karena bisa sambil melucuti daging dari tulangnya. Kan seru.๐Ÿ˜† Diganti sayuran seperti terong juga bisa loh, asal terongnya dipotong dan digoreng sebentar dulu. Terong Indo juga bisa didapat di toko Asia, lagi-lagi dengan harga yang lebih mahal. Kalau enggak pakai aja Aubergine yang ada di pasar atau supermarket. Sama aja kok.

Pertama kupas bawang putih dan bawang merah, buang tangkai cabai, potong tomat separuh trus cuci semua bahan. Bawang merah, ehm, saya bawa dari Indonesia. Tapi kalau mau di Toko Asia ada kok, cuman mahal dikit. Kalo gak ada pakai aja french shallot, saya biasa beli di Lidl. French shallot beda ya dengan red onion, karena red onion itu ada pedesnya. Bawang merah tetap juara karena membuat rasa jadi gurih! Cabe rawit bisa didapat di Toko Asia, cabe merah keriting di Open Markt, dan cabe besar bisa didapat di supermarket manapun. Tingkat kepedasan sesuai yang saya sebutkan tadi, cabe rawit still the best! Uwuwuw๐Ÿ™‚

Siapkan cobek dan ulekan. Kalau nggak ada? Pakai blender jugaย bisa!๐Ÿ˜€ (walaupun bagi saya, cobek tetap pilihan terbaik untuk membuat sambal. Dengan diulek satu persatu, aroma dan rasa bawang dan cabai akan keluar sempurna๐Ÿ˜€ )

20150923_191307

itu dia cobek yang saya boyong khusus dari Indonesia๐Ÿ˜† Masukkan bawang merah dan bawang putih, ulek sampai halus.

20150923_191522

Masukkan cabai dan tomat sedikit demi sedikit lalu teruskan mengulek. Perjuangan belum selesai teman!๐Ÿ˜† Tambahkan sedikit garam, gula, merica (bila suka).

20150923_192008

Panaskanย teflon dan beri sedikit minyak. Tunggu hingga minyak panas, lalu masukkan sambal. Aduk sesekali.

20150923_193557

Masukkan sayap ayam, aduk.

20150923_194120

Beri sedikit air sampai ayam terendam, aduk sesekali supaya bumbu meresap.

20150923_194313

Masukkan potongan daun bawang. Tambahkan penyedap dan kecap manis bila suka. Jangan lupa: icipi!๐Ÿ˜€ Masak sampai bumbu meresap, air susut dan ayam empuk. Sambil sesekali diaduk supaya bagian bawahnya nggak gosong.

20150923_195713

Sajikan untuk dimakan hangat dengan nasi putih ditaburi bawang merah goreng dan (jangan lupa) kerupuk! Selamat makan!๐Ÿ˜‰

20150923_202531

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

2 thoughts on “Masak amatiran ala Ashero Keuken: Ajam Ritja

  1. Aku juga sama Mbak, dulu si Mama nggak pernah ngajak ke dapur krn kata beliau daripada bantu di dapur mending beresin kamar aja sana (secara kamar sering berantakan, hehe). Btw klo dr lubuk hati yg paling dalam sampai saat ini aku sbnrnya tetep nggak suka yg namanya aktivitas masak-memasak loh Mbak, tp berhubung kewajiban jd ya harus dikerjain deh hehe. Makanya suka salut liat di TV para homecook ato org2 yg pny passion tinggi di bidang masak-memasak kyknya menjiwai n menikmati bener proses masak itu.

    Oh iya Mbak aku baru tau loh klo trnyt cara masak di atas itu cara masak ayam rica. Aku pdhl sering bikin gitu loh Mbak, tp kunamain gulai ayam tapi nggak pake santan aja hehehe.

    1. Ih samaan kita ya ternyata *tos*๐Ÿ˜€
      Aku juga sama, udah kamu belajar aja dek, gitu kata Ibu dulu.
      Sekarang baru ngerti ya susah payahnya masak, belom kalo masak sisa banyak, atau lihat anak makan nggak habis, rasanya gimanaaa gitu..๐Ÿ˜€ Kalau aku dah mulai bisa menikmati sih. Tapi tetep yang simpel2 aja. Kalau lihat instagram apalagi, masakannya pada keren2, fotonya lebih keren lagi *ternganga*

      Iya sebenarnya beda2 sih, di Jogja juga ada yang bilang ayam rica itu pedes tapi masih dominan manis kaya ayam kecap. Ada buibu mukimin disini waktu pengajian bawa ayam rica yang lebih berempah dan ada sayurnya gitu.. Beda beda, makanya kusebut ayam rica ala kami๐Ÿ˜€

      Ayo Arini share juga resep2 masaknya๐Ÿ™‚ Kalau aku share ini sih karena sebagian pembaca ku juga dari NL, student juga, jadi pengen share resep2 praktis dengan bahan2 sederhana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s