Posted in cerita hari ini, Enschede, family and friends

Lebaran di Belanda

Hai, apa kabar semuanya? Saya baru aja pulang loh. *trusngopo*๐Ÿ˜† Anyway, ini adalah kali ketiga kami berlebaran Idul Adha sekeluarga di Belanda (2013-2015). Mungkin temans di Indonesia nggak kebayang ya rasanya lebaran di luar negeri, jauh dari keluarga, gimana tuh rasanya? Sunyi, sepi, sendiri gitukah? Nih saya share nih ya sekarang :Dย 

dari rumah kami ke masjid maroko
dari rumah kami ke masjid maroko

Ini adalah masjid terdekat dari rumah, masjid Maroko. Jaraknya alhamdulillah hanya 450 meter atau sekitar 5 menit jalan kaki dari rumah. Bedanya kalau lebaran di Indonesia, suara beduk bertalu-talu, gema takbir juga terdengar semenjak malam sebelumnya. Kalau disini jangankan suara beduk (yang ada malah ditangkap polisi nanti๐Ÿ˜€ ), gema takbir cukup kami bertiga saja sambil berjalan bergandengan dari rumah ke masjid.

Setelah cek jadwal sholat (yang dimulai pukul 08:30 CET), maka kami berangkat sekitar 15 menit sebelumnya, biar dapat tempat gitu. Sesampainya disana, si bocah bersama ayah masuk lewat pintu utama (pintu masuk untuk pria dan wanita dipisah) dan saya ย masuk melalui pintu yang tidak utama๐Ÿ˜† Karena tempat sholat untuk wanita berada di lantai atas, sedangkan pria di lantai dasar.

Kali ini waktu saya datang, teman-teman dari Indonesia sudah ngumpul di satu ruangan, kira-kira sekitar 15 orang. Sholat dimulai, dilanjutkan khotbah. Dan yang lucu setelah sholat, akan ada anak kecil yang membawa keranjang berisi muffin, coklat, permen yang akan dibagikan kepada para anak kecil juga. Dulu waktu Arga ikut saya dia juga selalu kebagian tuh. Biar gak pada rewel kali ya. Trus setelah itu ada ibu-ibu pengurus masjid yang berkeliling membagikan snack buat kita. Kali ini ada dua macam roti dan daging giling berbumbu gitu. Di lorong juga ada meja yang diatasnya tersedia aneka snack seperti kurma, wafer, coklat, minuman.

2015_Idul Adha

Selesai sholat, kami bertiga pulang. Dilanjut acara silaturahmi di rumah salah seorang kawan. Yang diundang adalah rekan-rekan pelajar muslim (dan keluarganya) di Enschede. Saya kali ini datang membawa kue lebaran yang saya boyong khusus dari Yogya๐Ÿ˜€ Nggak main-main loh jagainnya biar gak remuk, itu kue dalam toples saya bungkus satu demi satu dengan bubble wrap dan saya taruh di koper kabin. Biar beneran berasa lebaran ini๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Sampai disana, sudah tersedia aneka hidangan (halah) di meja. Ada teh hangat yang siap menghangatkan hati kita dari deru debu angin Belanda yang kejam #abaikan. :lol:ย Ada pula kue lumpur, brownies, kue lebaran, buah. Hidangan utamanya (ehm) adalah menu favorit saya disini, roti jala dengan kari sapi/ayam. Ada juga sate ayam dan berbagai masakan lain.

2015_Idul Adha1

Suasana pestaย silaturahmi lebaran di Enschede, tidak lupa foto-foto dan selfie tentu saja *kibasjilbab*๐Ÿ˜€

2015_Idul Adha2

Pulangnya dari sana, si bocah minta masuk sekolah *dasaranakrajin* :’) Padahal kemarin saya sudah email gurunya minta ijin, dan malah guru sekolah si bocah bilang kalau ada acara keagamaan yang di negara kita libur, kita juga boleh libur disini. Tapi emang ya kalau udah seneng sekolah dan seneng teman-temannya, mau disuruh libur pun si bocah tetap kekeuh masuk. Di sekolah juga langsung disambut teman-temannya gitu, kayak nggak ketemu berapa lama๐Ÿ˜† Lucu banget ini krucil-krucils.

Habis itu berduaan deh sama si ayah๐Ÿ˜‰

C360_2015-09-24-12-17-59-258

Oh iya, biasanya nanti juga ada acara bersama (bulanan) dalam rangka Idul Adha dari IMEA atau Indonesian Muslim Enschede Association, isinya semua student, pemukim dan yang tinggal di Enschede. Nanti pasti lebih heboh lagi masakannya *ngiler*

Selamat Idul Adha. Eid Mubarak Said. Taqoballahu minna wa minkum.

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s