Posted in Cologne, Dortmund, Itenary suka-suka

Itenary (ambisius) suka-suka: Keliling Jerman bagian Barat

Gantian cerita tentang jalan-jalan, ya. Break sebentar cerita kuliahnya๐Ÿ˜€ Jadi kali ini (sebelum liburan summer sih benernya) kami ingin jalan-jalan keliling Jerman bagian barat. Rencananya sih dari Dortmund ke Cologne, trus on the way back pingin mampir ke Leverkussen, Dusseldorf dan Dortmund trus balik ke Enschede. Total perjalanan 450 km *ehm* bisa ditempuh sekitar 5 jam nyetir.

itenary1
Itenary awal. Source: maps.google.com

Pagi hari ternyata bangun kesiangan semua๐Ÿ˜† Setelah mandi, sarapan dan siap-siap (dengan tanpa rasa terburu-buru sama sekali๐Ÿ˜€ ) maka kami berangkat dari rumah jam 10 pagi waktu setempat.

Perjalanan ke Dortmund lancar, kami sampai di Signal Iduna Park tempatnya klub BVB Dortmund berada. Untuk masuk, kami membayarย 12+8 euro untuk museum dan tour stadion (2 jam). 12 euro adalah tarif dewasa full, 8 euro tarif student (iya karena suami lupa bawa kartu universitas) dan tarif untuk anak gratis.

Kami di dalam ke museum, lihat-lihat dan foto-foto (pastinya) sambil menanti mbak guideย tur. Tadi diinformasikan kalau tour juga ada dalam bahasa Inggris, jadi kami menanti saja, ternyata 100% Jerman. Alhamdulillah. Jadi akik yang sama sekali gak ngerti bola, sekalian aja ngelamun disana.๐Ÿ˜†

Kami diajak tur keliling stadion Signal Iduna dari dalam ke luar meliputi:
1. Tribun untuk VIP dan Pers/komentator.
2. Di pintu luar (pas ini ditanya siapa pendukung Dortmund atauย Munchen. Mereka musuhan, gitu ya? *gakngerti* Trus pas kami bilang dari Indonesie, pada takjub. Huwoow fansnya sampai jauh ke Asia. Padahal…๐Ÿ˜† )
3. Ruang ganti pemain lawan.
4. Ruang ganti pemain Dortmund. Disini si ayah minta difotoin didepan gantungan baju beberapa pemain.
5. Masuk ke lapangan (pinggir2nya aja karena rumputnya di dalam lapangan bola ga boleh diinjek).
6. Tribun suporter gila ala ala bonek gitu. Iya, ada tribun khusus yang bagian depannya ada jaring pengaman, jaga2 kalau ada yang nekat.
7. Satu pojokan entah ngapain, si mba guide nya masih nyerocos aja.

Pictures3Abis ini masih diajak jalan keliling lagi sama embaknya.. padahal sudah capek n pegel bukan main dan lapar bukan kepalang. Sampe bilang sama suami, jangan-jangan abis ini diajak sungkem atu demi atu sama pemainnya.. atau diajak ziarah ke makam pemain dari edisi pertamaaa, hyaolooh T-T

Dan ternyata tour diakhiri diย toko suvenir resmi milik klub. Syukurlah, Tuhan๐Ÿ˜†

Pictures4

Di toko suvenir kami lihat-lihat kok pada mahal ya. Akhirnya beli (juga) syal seharga 5 euro (ini yang paling murce). Sama magnet kulkas. Sama permen sebiji yang dicomot si bocah.

Di lantai 2 toko suvenir yang sama ada resto kecil. Kami memutuskan duduk sejenak sambil beli wafel seharga 2.5 euro. Lah ternyata kok ya lama temen matengnya, sampe pengen tebalikin meja dapurnya. T-Tย Untung si bocah ada tempat main jadi hepi hepi wae. Alhamdulillah.ย Overall, bayar 20 euro puas lah main kesini.

Karena ternyata tau-tau udah jam 13.30 aja, si ayah memintaย saya nyuapin makan siang si bocah sambil kami berangkat ke Cologne. Kami hanya berhenti di pom bensin pinggir jalan untuk mengisi bensin sama ke toilet sebentar. Di rest areanya kami berhenti untuk makan bekal makan siang.

Lanjut!

Sampe ke Cologne udah sore, udah jam 16.00. Tempat parkirnya gampang kok dicari, sistem parkir sama kaya di Belanda. Dari lokasi parkir, katedral Dom udah keliatan. Ye iyalah, segede-gede buta gitu. Terus kami foto-foto di depan area katedral. Liat toko suvenir dan mampir. Bimbang agak lama. Akhirnya beli magnet kulkas. Mainstream bingit, tapi biarlah. Trus jalan keliling bentar, kok lihat becak/rickshaw, semacam bajaj dan kereta kelinci. Mau dong pasti. Akhirnya karena cape dan lumayan sore kita mo naik kereta kelinci aja. Tarifnya 7 euro dewasa, 4 euro anak, untuk keliling sekitar 45 menit-1 jam. Lumayan. Bis hop on-hop off untuk dewasa seharga 12 euro, anak-anak 5 euro. Udah sore jadi kereta kami kereta terakhir.

Pictures5
ini yang bikin pasti alieeeeeeen *takjub*
Pictures6
Ngerasain keliling kota Koln (Cologne) naik kereta (kelinci). Tuh kelincinya lagi mamam lolipop kuning sambil lihat-lihat pemandangan di luar๐Ÿ˜€

Selesai itu, dah cape kami mo pulang aja langsung ke Enschede. Udah tepar sodara, abis tadi kelamaan di Dortmund-nyaa. Eh. tiba di Leuverkasen suami bilang pengen mampir ke Bay Arena, sekedar mo foto di depannya aja. Saya iyain. Ternyata diseberangnya ada McD. Trus gimana? Ya mampirlah๐Ÿ˜† Beli paket anak, sama kopi (ada McCafe). Tergiur beli cake tapi berasa gak kuat ngabisin. Ada lemon cheese cake sama kue coklat yang melambai lambai *jadisedihkarenaterlanjurpulang*

20150515_193602ย 20150515_193724

Lihat ayahnya difoto, si bocah minta difoto juga๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Pictures7

Sampe rumah sekitar jam 21.30. Capek tapi heppiii. Oia, ini jadinya itenary nya:

itenary2
Jauhnya sih nggak beda banget sama yang ambisius tadi. Tapi emang waktunya nggak nyandak untuk ke lima kota๐Ÿ˜› (Source: maps.google.com)

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

4 thoughts on “Itenary (ambisius) suka-suka: Keliling Jerman bagian Barat

1. Iya mas banyak pabrik di Jerman, daftar short course saja mas siapa tau bisa sekalian ngunjungi pabrik Mercy.. Saya ke Jerman juga baru bbrp kali sih, walau dekat dari kota tempat saya tinggal. Pas kuliah sempat lihat wind turbines, keliling kota Hamburg, ke pabrik tekstil (maksudnya ke FO-nya)…๐Ÿ™‚

1. Short course nya ngga gratis mas, tapi bisa ambil beasiswa untuk short course.. jadi bisa ditanggung semuanya mulai dari tuition fee-tiket-visa-living allowance.
    Misalnya beasiswa StuNed dari Neso untuk short course di Belanda.. Ini bisa dilihat di sini http://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned/stuned-short-courses
    Kalau kuliahnya di Utwente, Enschede, tempat saya tinggal, Jerman hanya 20-30 menit bersepeda.. atau naik kereta juga dekat..๐Ÿ™‚