Posted in dapur

Masak amatiran ala Ashero Keuken: Tom Yum

Hay, pakabar? Saya lagi nggak enak badan nih. Kayanya karena kemarin ga pake jaket ketika mau sholat Ied ke masjid Maroko. Matahari bersinar, langit cerah, ke masjid jalan cuma 5 menit ini, pikir saya. Ternyata tetep aja dingin. Tambahan lagi beberapa hari terakhir suka hujan kalau pas jemput si bocah dari sekolah.

Kalo saya inget pesen Bapak di rumah pas saya sakit sih gini, “kemulan sing anget, Nduk. Diubel2 ben keringetnya metu”. (Selimutan yang hangat, Nak. Dilapis-lapis biar bisa keringatan.) Saya iyain aja. Bapak nggak ngerti sih, di Belanda sini mau diselimutin berapa lapis, plus punggung ditempel ke pemanas ruangan alias heater juga nggak pernah saya keringetan. Yang ada malah puyeng karena kepanasan doang. Sama punggung jadi gosong. Wkwkwk.๐Ÿ˜†

Menu kali ini istimewa untuk dinikmati saat dingin seperti saat ini ketika Enschede lagi suka menghembuskan angin bahorok super dinginnya atau saat lagi nggak enak badan macam saya sekarang. Bikinnya mudah, asal cemplung, trus kapan lagi kan saya makan bawang putih bawang merah bawang bombay utuhan kalo nggak pas makan Tom Yum? Kalau dengan level pedes yang pas, dan dimakan hangat-hangat, maka dijamin keringetan dan lega semua; hidung, tenggorokan, mata.

Bahan yang disiapin: bawang putih, bawang merah (kalo ada), bawang bombay, daun bawang, cabe (kalo suka), ayam/udang/sapi dan bahan apapun yang sekiranya nyambung yang ada di kulkas saudara. Sama tom yum paste, yang kalau disini bisa dibeli di Toko Asia. Itu ajah. Wkwkwk.

Ini ingredients nya. Boleh ditambah cabe juga (kalau suka pedas)ย sesuai seleraa..

20150926_185201

Trus bahan-bahan itu dirajang kasar, jadinya seperti ini:

20150926_190054

Ayam yang saya pakai bagian paha (atas+bawah), yang kali ini sudah saya kukus bareng sama nasi. Kalau ayamnya masih mentah juga gapapa ko. Kebetulan aja kali ini yang saya pakai udah (setengah) matang. Paling enak ditambah udang, tapi berhubung lagi ga ada stok udang, dan udang relatif mahal disini. Fyi, bagian ayam paling murah disini ya kippenbouten (paha) ini, sekilonya cumanย โ‚ฌ1.89 atau sekitar 30k IDR (atau kalau rupiah lagi kuat ya sekitar 25k IDR lah). Belinya di Toko Turki langganan dekat rumah.

20150926_185300

Ayamnya diiris juga sesuai selera, agak sedengan aja jangan terlalu kecil, nanti malah menyusut dan hilang ditelan kuah๐Ÿ˜€ Selain ayam, bahan utamanya adalah:

20150926_190312
Tom Yum Pasta andalan kita!๐Ÿ˜†

Siapkan air 2/3 panci, nyalakan api dan didihkan. Tambahkan 1/3 Tom Yum Pasta, aduk.

20150926_191827 20150926_191842

Masukkan ayam dan aduk-aduk sampai kuah berwarna kemerahan seperti ini.

20150926_191934 20150926_191954

Masukkan bawang dan sayuran ke dalamnya, tambahkan gula pasir dan icipi. Masak hingga ayam matang.

20150926_192437

Voila, dan Tom Yum siap dihidangkan! Bisa dinikmati langsung seperti sup atau a la Indonesian, dimakan pake nasi hangat-hangat. Yumm!

20150926_194701ย 20150926_194632

Tuh, gampang banget kan! Praktis dan cepat pula masaknya. Pertama kali pun saya makan ini dibuatin sama suami karena saya lagi radang tenggorokan (berat, karena saya punya faringitis akut) dan udah ga bisa nelen. Jangankan nelen, minum air aja kayak ditusuk duri dari telinga sampai dada. Jangan nanya dokter, ya. Kalau udah ngerti cara kerja huisaarts di Belanda pasti tau kalau periksa paling disuruh pulang, istirahat, minum banyak dan minum paracetamol kalau perlu๐Ÿ˜ฆ

Tapi masakan ini menghangatkan badan, melegakan napas dan tenggorokan (kayak iklan obat aja) dan yang jelas bikin perut kenyang! Selamat mencoba!๐Ÿ˜€

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

