Posted in master, thesis

Module 16-23. Thesis writing part 2. Data Analysis.

Setelah cerita tentang proposal defense saya disini, lalu sesi fieldwork saya disini, maka step selanjutnya adalah data analysis. Wong data nya sudah terkumpul kok. Tapi berhubung saya kelelahan pasca fieldwork as I mentioned before, maka kali ini saya agak slow kerjanya. Pun kena winterย break selama dua minggu, yang berarti saya nggak ke kampus, kerja di rumah dengan kicauan (dan selaan) si bocah sepanjang waktu. Jadinya.. sama aja boong enggak kerja๐Ÿ˜€

Dan tau-tau udah Januari ajah! *horor*

Dan tau-tau pula spv saya kirim email berisi Selamat Tahun Baruย sekaligus nanyain bab 1-3 saya minta dikirim via email pula. Yang mana masih (nyaris) kosong. Ini nih. Aaaaayayaya mati akuuuuhh… T-T

Yang utama adalah mencari referensi untuk allometric sesuai kelas saya, dan sesuai kondisi disini. Bukannya nggak ada, tapi saking banyaknya referensi, jadi saya bingung pilih yang mana. Ini pun masih verifikasi data-data yang sudah dientry sebelumnya, yang tentu masih adaa aja errornya. Naudzubillah.

Proses pengolahan peta saya dari tahun 2005-2012, menggunakan Google Earth Imagery dengan Object Based Image Analysis (segmentation), dan hasilnya diukur accuracy assessment. Which is not good at all, waktu saya presentasi kemajuan di sesi Mid-term Examination (sebelum libur natal), hasilnya masih sekitar 60-an. Jelek kali.๐Ÿ˜ฆ

Lalu peta management map berbentuk pdf dari kampus perlu diolah dan polygon-nya ya ampuuun mesti dicek satu2 biar nggak bolong. Banyak kali yang musti dikerjain. *nangis*

Data analysis saya kerjakan sampe akhir Desember. Dengan hasil yang masih jauh dari kurang memuaskan, saya harus mulai nulis yang bener dari bab 1-4 karena udah ditunggu Ibu spv. Batas untuk deadline submission thesis adalah Februari. Jadi di bulan Januari itu sambil masih mengerjakan ulang peta-peta saya, itung-itungan karbon saya, tambah lagi kebut-kebutanlah mulai menulis, menulis, menulis..

Sambil mencatat prosesnya, mengingat kesulitan dan mengira-ngira faktor pembuat error nya dimana, dan menganalisis hasil yang saya peroleh. *masa-masa-horor*

itc1
ITC campus before winter break. Zo mooi๐Ÿ™‚
itc2
Sebelum winter break. Sepi deh kampus akik.

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s