Posted in master, thesis

Module 16-23. Thesis writing part 3. WRITING!!!

Lanjut lagi cerita horornya, ya.

Becandaaaaa, just kidding dear my friends, hahahah๐Ÿ˜†

Memasuki bulan Januari – pertengahan Februari. As I mentioned before, bahwa di awal tahun, my dearest spv mengirimkan email “Selamat Tahun Baru” sekaligus kirim bom menagih tulisan draft thesis bab 1-3 saya. Yang waktu itu masih sebagian besar kosong, tentu saja.๐Ÿ˜† (Hey, I’m not so proud of it, tapi begitulah kenyataannya, nasi sudah jadi bubur, jadi mending buat ketawa ajah๐Ÿ˜€ ) Sudah saya kirim di bulan Januari, lalu saya lanjut menulis bab 4 dan dalam dua minggu saya email juga ke beliau bab 4 berisi results tersebut.

Nulis akademik itu (sangat sangat)ย ngga mudah, ya? Apalagi academic writing in English.. Saya ngerasa bobot tulisan untuk thesis (isi dan cara menulis) itu laiiiiiinnn banget sama waktu saya kuliah S1 di Jogja. *fiuhh* Disini, musti selalu ingat cara mem-parafrase dan citation yang benar (kalau nggak mau langsung di-DO gegara plagiarism), terus beda grammar bedaย bab itu juga saya baru ngeh waktu disindang. Lalu konteks isinya harus to the point, setiap kalimat harus ada artinya dan bermakna. Terus seluruh hal yang dilakukan itu mesti ada penjelasan why (misal kenapa pilih metode ini, kenapa nggak pilih metode itu) and how. Dan lain lain.

(Orang kadang ngerti yang mau ditulis aja macet tangan diatas keyboard, bijimaneย kalo kagakย ngerti apa yang mau ditulis๐Ÿ˜† Sempat spv saya waktu ketemuan nanya, “ini bagian ini loh, saya nggak ngerti apa yang kamu coba jelasin disini”. Trus saya jawab, “hmm iya sih, saya juga nggak ngerti”. Trus kami berdua bertatapan dan ketawa bareng. Lah terus sape yang ngertik, akik yang nulis aja nggak mudeng.๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† )

If I should be honest, mulai dari sini semua tampak hitam dan berjelaga. Bab 4 dan 5 sama sekali gak mulus dan gak memuaskan spv saya. I am lost. (kayanya pernah saya share disini) Sampai 4 hari sebelum submission, thesis saya dirombak habis (setiap halaman selalu ada comment untuk perbaikan) sama my dearest spv. Perbaikannya major. Dari hitungan, peta, grafik, isi tulisan. Saya sampai mati rasa. Nangis udah gak bisa.

feedback from my dear spv
feedback from my dear spv

Akhirnya suami turun tangan menenangkan dan menguatkan saya. Kami berdiskusi panjang untuk mencari titik terang dan meninjau kembali objectives saya (karena rasanya saya memahami thesis sayaย ke arah yang berbeda dengan spv saya), menjawab research questions sebagaimana yang diharapkan, membantu cari referensi sehingga saya bisa terus membuat peta, mengkalkulasi hasilย sekaligus mengetik. Saya lembur selama 4 hari 4 malam sebelum deadline itu sampe mo mati rasanyaย nyaris nggak tidur.

Setelah saya submit sesuai jadwal deadline (syukurlah), ternyata ada kesalahan di external examiner saya sehingga saya diminta submit ulang. Aaahhh syukurlah lagi-lagi masih ada kesempatan lagi beberapa menit untukย koreksi penempatan/penomoran grafik,ย tabel, gambar, citasi dan daftar pustaka. Karena kalo sampe salah citasi bisa dipancung pala saya gegara plagiarism. *takutbeneran* Akhirnya saya submit ulang, dikirim ke CD, sekretaris jurusan, dan kedua spv saya.

Huffhh.

My personal note:

  1. Jangan jadi keder gara-gara tulisan saya, ya. Secara teknis saya masih berhasil menyelesaikan thesis saya tepat waktu, dengan hasil yang tidak terduga pula๐Ÿ˜€
  2. Learn from others’ success and failures.
  3. Salah satu titik lemah saya yang utama adalah: saya kurang disiplin dalam memanage waktu menulis. Investasi waktu saya untuk menulis kurang. Semestinya sejak awal, sebelum, bahkan secapek-capeknya pulang fieldwork, sesudah, waktu winter break, tetap menulis, walau hanya beberapa paragraf dalam sehari.
  4. Salah satu keunggulan saya: I know my thesis very well, dari segala sisi kelebihan dan kekurangannya. Dan saya mengakui kekurangan itu as a part of my research. Dan saya menciptakan peluang akan research baru yang dapat dikembangkan dari topik saya.

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s