Posted in master, thesis

Module 16-23. Thesis writing part 4. DEFENSE TIME!!!

Episode film horor last part. Finale.๐Ÿ˜†

Setelah thesis di submit, spvย kirim email kepada saya berisi ucapan selamat akhirnya selesai juga๐Ÿ˜€ trus habis itu disusul email tentang saran untuk isi presentasi saya. *teteup-si-ibuk-mah* Kemudian saya bikin esok harinya (setelah submit saya langsung tepar tidur semalaman), trus janjian untuk menunjukkan ppt itu sama beliau dan minta feedback. Lalu seperti biasa, saya menyiapkan lagi satu file ppt lagi berisi semua hasil (tabel, itungan, foto dll). Secara prinsip dia oke. *legaaaa* Tinggal latihan, pikir saya.

Habis itu pulang ke rumah, kok badan terasa gak enak. Sambil nunggu jadwal defense, saya istirahat tidur. Bangun besoknya, suara dah mulai serak. Aduh. Ini faringitis akut (radang tenggorokan) saya kayaknya kambuh gegara saya kurang jaga kesehatan pas lembur kemarin. Besoknya masih gak enak, saya lanjut istirahat terus di rumah, makan yang hangat, minum bergalon-galon air, danย obat yang saya bawa dari Indo.

Latihan presentasi juga dalam silent mode, alias cuma komat kamit kayak baca jampi-jampi di depan cermin๐Ÿ˜† (Latihan ini perlu untuk melatih timing presentasi, saya nggak mau lebih dari 10 menit. Daripada nanti digampar chairmannya karena kelamaan).ย Alhamdulillah diย hari sebelum defense, suara saya nyaris hilang. *nangis* T-T Ya sutralah saya pasrah gak pake latihan.

Hari sebelum defense kami di ITC ketemu tim Neso Indonesia. Dan akhirnya saya curcol sama Bu Indy yang cantik jelita lagi baik hatinya dan Mas Gama. Sayangnya mas Gama masih separo idup, barusan nyampe soalnya, keliatan banget masih jet lag. *pukpukmasGama* Saya minta doa restu sekalian.๐Ÿ˜† Bodo amat, siapa ajalah yang ketemu saya mintain doa restu. Telpon bapak ibu dirumah untuk kasih tau jadwal so pasti sudah, dan minta dikirim doa. Kakak di Bandung malah kabarin bapak Ustad di Garut untuk ikut mendoakan bersamaย anak-anak santri. *hebohamaaat*๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Saya sampe terharu ini se-Indonesia Raya ikut doain.

Hari H. Defense Day.

Ternyata banyak tamu undanganย dariย spv saya. Normalnya di ruangan ada chairman, ย spv, external examiner (penguji) dan course director (as an observer). Sedangkan di ruangan saya ada 2 supervisor, satu pengujiย dari kampus UT, chairman saya (Mister Professor himself๐Ÿ˜€ ), 3 orang petinggi UT dan satu observer. Teman-teman di ruangan ada 2 grup, grup pertama myย NRM ladies dan grup kedua adalah teman Indo. Mereka semua bersikeras hadir padahal sudah saya usir. :Dย Si Ayah dan Arga menunggu di luar, padahal saya udah bilang nggak papa saya nggak ditungguin juga.

Kemudian chairman saya membuka sesi defense dan mempersilakan saya untuk memulai. Saya mulai presentasi, dalam kondisi suara serak nyaris hilang namur biarlah tetap saya lantangin. Alhamdulillah lancar, kemudian masuk sesi pertanyaan, segera saya gelontor tenggorokan dengan air putih yang saya siapkan di meja.

Pertanyaan satu demi satu saya jawab. Mulai dari examiner yang menanyakan 2 hal. Lalu kedua supervisor saya juga masing-masing bertanya sekitar 3 pertanyaan. Tinggal profesor, pikir saya. Dan tentu saja, profesor gitu loh,mana he’s a truly forester, jadiย komentarnya mak jleb yang saya terima *nyengir* Lalu saya mengingat nasihat spvย saya beberapa hari sebelumnya.

If you know your weakness and limitations, that’s also your strength. (Van Duren, 2015)

Jadi saya jawab dengan jujur apa saja kelemahan riset saya, dan saya tekankan kembali poin penting riset saya. Saya beri kesimpulan secara umum. Dan saya menerima feedback dari profesor saya tersebut.

Dilanjutkanย dua pertanyaan dari tamu yang hadir (biasanya enggak ada pertanyaan nih!). Setelah hampir satu jam, akhirnya mereka keluar dan berdiskusi di ruang course director saya selama beberapa saat.ย Lalu saya dipanggil oleh spv saya….

Dan saya lulus dengan minor corrections. Nilai thesis saya 80. Alhamdulillah…

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

2 thoughts on “Module 16-23. Thesis writing part 4. DEFENSE TIME!!!

  1. a very nice post mba… seneng banget bisa nemu tulisan mbak yang paket komplit ini, jadi kebayang gimana thesis master di belanda, karena kebanyakan artikel yang ditulis lebih ke persiapan dan sampai proses kuliah itu (atau mungkin saya yang belum nemu ^^).
    Saya baru kepengen ambil master di belanda, cuma galau karena ga kebayang thesis disana, dan apalagi jurusan yang diminati gak link sama jurusan s1 (S1 sastra inggris tapi pengen ambil s1 public adm atau public gov biar nyambung ama kerjaan, ada share pengalaman atau info tentang itukah mba?
    thx a lot๐Ÿ™‚

    1. Hi Nungki, salam kenal ya, terimakasih sudah mampir๐Ÿ™‚
      Iya, saya juga ga nyambung. S1 Kimia dan S2 Geografi (jurusan Natural Resource Management). Dulu saya pertimbangannya ngambil S2 yang lebih nyambung ke kerjaan aja sih (Environment) dan cari jurusan yang lebih umum. Kalau thesis ya sudahlah ya, you’ll know when you’re here. Kalau belum mantap banget emang rasanya galau galau sedap gitu lah *halah*. Saran saya kalau memang ada kesempatan, TOEFL mencukupi, then why don’t you give it a try. Sisanya usaha aja dan doa yang kenceng, wkwkwk.
      Rencananya emang saya mau posting tentang tips-tips sukses berkuliah disini sih (ala saya tentunya). Aniway, sukses selalu yaa๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s