Posted in hidup di belanda, rumah

Hidup di Belanda: Menyewa Rumah di Enschede, Belanda

Hayhay, pakabar semuanya? Lama ngga nge-blog nih saya, soalnya seminggu kemarin liburan sekolah untuk autumn holiday. Fufufu.

Anyway, kali ini saya mau bahas tentang tempat tinggal yakni tentang menyewa rumah di Enschede Belanda. As you may know that tahun pertama kami tinggal disini difasilitasi pihak International Office dari kampus untuk student housing di de Stadsweide (pernah saya tulis disini). Apartemen tersebut praktis untuk both students-spouse seperti kami karena sudah half-furnished, all in (internet and service costs) dan ada cleaning services seminggu sekali. Lokasinya pun dekat -5 menit jalan kaki- dari centrum (pusat kota).

Pe-er nya adalah menjelang tahun kedua keberadaan kami untuk mencari rumah tinggal. Yes, tinggal di Stadsweide dibatasi hanya setahun saja, sodara. Maka untuk selanjutnya, kami tinggal di townhouse (halah) alias rumah single. Saya jelasin dulu ya penampakan rumah saya (rumah ini khas rumah Belanda yang kita berbagi atap sama tetangga😀 ) sbb: 

bombaz
Tampilan rumah kami di Enschede (tampak depan), source: googlemaps. Di bagian depan kebagian satu pintu, satu jendela gede, dan sepasang jendela di lantai atas🙂 Di bagian depan rumah juga ada area untuk parkir mobil.

Spesifikasi rumah dan distance:

bombazi

Bomba
layout rumah kami di Enschede. Foto tampak dalam menyusul karena masih berantakan😀

Cari apartemen/rumah murah di Enschede bisa melalui:

  1. Agen kampus: International Office kampus Utwente (Acasa) atau tanya-tanya ke pihak kampus (student affairs, sekretaris jurusan) juga kadang dibantu..
  2. Agen pemerintah untuk rumah bersubsidi : (woonsplats, domijn), atau simply googling keywords nya huismakelaar.
  3. Perseorangan (kenalan) atau ke marktplaats.nl (agak risky kalau gak kenal baik).

Dari berbagai informasi yang digalang selama bulan-bulan pertama, maka kami mencari rumah pemerintah dengan agen di https://www.de-woonplaats.nl/. Ternyata rumah juga ada kelas pendapatan. Di woonplaats cutting pointnya adalah 710 euro (tahun 2015). Kalau pendapatan sebulan 2000an euro, maka bisa pilih rumah diatas 710 euro tadi. Trus kalau pilih rumah diatas 710 euro itu tadi dianggap rumah menengah (dan mewah ada lagi diatasnya) jadi merupakan rumah non-subsidi.

Trus kalau mau menyewa rumah lewat Woonplaats gimana tahapannya? Ini saya susun berdasarkan pengalaman kami (saya dan suami) ya.

  1. Mempersiapkan berkas: surat keterangan penghasilan (dari universitas), surat keterangan pajak IB40 yang dibuat di kantor pajak/belastingdienst. (Note: kalau di woonplaats IB40 diminta untuk teken kontrak, sedangkan domijn ketika register sebagai user.)
  2. Masuk ke website http://www.de-woonplaats.nl lalu sign up di bagian My Residence > Register dan isi identitas.
  3. Mulailah browsing di website, mencari rumah yang diinginkan. Ingat, rumah-rumah ini non-furnished, jadi terima kosongan ya kita. Kosongan itu berarti tanpa lantai, tanpa lampu, dan kadang tanpa dinding. Just kidding.😆
  4. Di halaman utama website, bisa dipilih sesuai filter yang ada: biaya sewa (dibawah atau diatas 710 euro per bulannya), lokasi (kota), tipe rumah (tanpa preferensi/rumah terpisah/apartemen/lain-lain) dan jumlah kamar tidur.
  5. Contoh: berikut saya coba masukkan sewa <710euro dan kota Enschede di filter, lainnya dibiarkan kosong. Tanggal 27/20/2015 ini ada 5 rumah yang ditawarkan dari rumah single, apartemen dll di wilayah Enschede:
woon1
Source: http://www.de-woonplaats.nl

Kalau saya ubah menjadi sewa>710euro dan kota di Enschede, ada satu lokasi yang dekat rumah saya. Coba kita bandingkan yuk salah satu rumahnya (kalo gak kelihatan jelas, klik aja gambarnya).

woon2

woon4

Beda pertama: rumah di Coverden 823 euro sedangkan Julianastraat 690 euro. Ngik. Beda banget ya 130 euro, padahal kalo lihat luasannya mirip. Eits, ntar dulu. Coba dicermati lagi featuresnya.

  • Lihat bagian ‘Year Built’ nya. Coverden dibangun tahun 2007, sedang Juliana tahun 1981. So what? Nah ini yang perlu anda ketahui. Karena kebetulan seorang teman pernah tinggal di daerah Juliana dan saya tau bagian rumahnya. Pertama, rumah lama itu didesain long time ago dan belum ada sisi praktisnya. Misalnya, peletakan mesin cuci. Rumah baru pasti mesin cuci di lantai dasar, sedangkan rumah lama di lantai atas (2 atau 3 malah). Kalau kita beli mesin cuci jarang tukangnya mau bawa ke atas. Apalagi beli seken, gotong sendiri mah itu mesin cuci.
  • Keberadaan 2nd toilet di lantai dasar buat tamu (kalau ada), juga salah satu kemodern-an rumah masa kini. Sedangkan kamar mandi pasti adanya di lantai atas dekat dengan kamar tidur.
  • Di Coverden, Garden: present. Ada taman mungil. Saya tau lokasi ini, ada playground persis di depannya. Di Juliana juga ada sih lewat bagian belakangnya.
  • Jumlah kamar, Juliana ada 3 (2 gede, 1 mini) sedangkan Coverden ada 2 (@16m2).
  • Energi level untuk Coverden A, sedangkan Juliana D. Kalau mau tau penjelasan tentang energielevel ini browsing aja di website tersebut.
  • Bagian particulars: Juliana mau direnovasi.
  • Bagian notes: untuk menyewa Coverden perlu income minimal 2000euro per bulan.

Terus mak, kalau belum pernah ke Enschede mana tau dong? Kayak beli kucing dalam karung dong rumah ini? Weits, tunggu dulu. Mereka fair kok, kalau kita nggak mau tinggal ditolak. Saya lanjut ya prosesnya setelah browsing:

6.  Kalau nemu rumah yang sesuai spesifikasi (dan budget) kita maka setelah login bisa ikut bidding (di website akan ada opsi “tertarik dengan rumah ini?” atau semacamnya. Tinggal diikuti ajah.).

7. Pihak Woonsplaats akan menutup bidding pada tanggal yang ditentukan dan mengocok macam arisan gitu. Kalau beruntung kita akan jadi pemenang bidding nomor 1, 2, 3 yang berhak melihat rumahnya.

8. Setelah jadi pemenang 1/2/3 nantinya akan dikirim surat ke kita dan dipersilakan melihat rumah tanggal dan jam yang ditentukan, dan disana sudah ada agen yang menunggu. Kalau kita nomer 1 maka kita berhak memutuskan pertama. Begitu pembidding 1 menolak, dilempar ke nomer 2 gitu. (Menerima atau menolak, kita mesti tandatangan satu surat dan diserahkan ke kantor Woonsplaats.)

9. Kalau cocok, kita teken kontrak deh di Woonsplaats. Dan bayar, tentunya. Ada biaya lain-lain juga untuk administrasi, sekitar 10-20 euro kalau gak salah.

8. Serah terima kunci di rumah. Kuncinya rangkap 5, dan semuanya kunci master (buat buka pintu depan, pintu belakang, pintu garasi sepeda dan pintu garasi luar.)

9. Langkah selanjutnya? Beresin rumah (pasang lampu, laminaat lantai, pindahin mebel) trus daftar listrik, air, bayar pajak limbah, internet, dsb. Postingan terpisah ya semuanya.

Note:

  • Setiap penghuni rumah harus punya ruang, jadi gabisa anak2 diempet2 di satu kamar.
  • Syarat penghasilan menentukan rumah yang bisa di-bidding. Ini berarti rumah <710 euro akan ada banyak sekali peminat, sementara jumlah rumah terbatas. Jadi butuh waktu ya.
  • Tips: semakin banyak bidding makin besar kesempatan menang jadi pembidding pertama.
  • Butuh waktu transisi sekitar 2 minggu sejak teken kontrak untuk: pindahan (pasang tegel, pindahin furniture, siapin internet dll), jadi cari rumah sekitar 3-4 bulan sebelum pindah untuk mengikuti proses bidding.
  • Kadang bisa ketemu sama pemilik sebelumnya. Pemilik kami sebelumnya ganteng, baik hati lagi tidak sombong. Orang Eropa tapi sesama Muslim. Pun minimalis jadi sangat jaga kebersihan (alhamdulillah). Beberapa barang kami tebus buat dipakai sekalian dan beberapa dia kasih cuma-cuma (baik yaaaa).
  • Cari furniture (murah) di postingan berikutnya.
  • Rumah bersubsidi: daftar di belastingdienst atau cek di toeslagen.nl

Segitu dulu, mudah-mudahan gak puyeng bacanya😀

Author:

🇮🇩 in 🇳🇱 • wife&mom 👪 • parent teacher 🏫 • seasonal shopaholic 👜👠 • bookworm 📖 • dramafreak 🎬• bigeater 🍝🍣🍰 • aspiring blogger 📝

3 thoughts on “Hidup di Belanda: Menyewa Rumah di Enschede, Belanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s