Posted in learn from the Dutch

Learn from the Dutch: Appointment, Plan & Agenda

Hi, been awhile ya sejak posting saya yang terakhir. Alhamdulillah respon teman-teman akan Holland Scholarship Info Session di Jogja-nya bagus banget. I call tell from how many times my blog and fb viewed. It has reachedย 300 views a day! *amazed* Ada juga beberapa yang share dan respon postingan saya, makasih ya๐Ÿ™‚

Kali ini saya mau bahas lagi tentang tentang membuat janji, rencana dan agenda yang saya pelajari selama saya di Belanda. Duluuuu pernah saya share tentang be punctual disini, as you already know kalau di Belanda mah segala pake bikin janji ya, dan sekalinya bikin janji harus ditepati! Dulu saya berpikir bahwa rempong dan strict kali ni kumpeni, cuman mo ketemu beberapa menit aja ngomongnya mesti jauh-jauh hari. Bedanya nih ya, kalo di Indonesia tetiba temen kita dari luar kota mendadak datang dan sms, “aku lagi di jogja nih sekarang, besok dah cabut lagi”, padahal mendadak, udah sore pula, but as an Indonesian, if we don’t have any time then we will make time. Kalau orang sini dibilangin hal yang sama, (dosenku nih yang bilang ya), they will say, “oh, lemme check my agenda”. Dan kalau emang ga ada waktu, yowis gak bakal ketemu, bhaaay!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Do you know why? Karena setiap orang penting dan waktu semua orang itu berharga. Bahkan jika anda pengangguran atau ibu rumah tangga (like me) yang nggak punya jadwal bekerja. Waktu ada untuk dihargai, bahkan jika hanya untuk istirahat. Makanya bikin janji, perkirakan berapa lama ketemuannya, trus datanglah on time! Sepele ya sebenarnya, tapiย kok ya susah amat prakteknya. Saya apalagi, dulu jaman di Indo mah saya ratunya jam karet. Lingkungan juga mendidik begitu, misalnya diundang rapat jam berapa, ntar pada ngaret semua, mulainya telat, selesainya apalagi. Bikin KZL.ย Tapi berkat kebiasaan jam besi disini, saya sekarang sudah berubah loh! *bangga*

Oh,ย and I want to show you on how I organized my appointments. Di HP saya pakai aplikasi sederhana dari Android yaitu S-Planner sepertiย ini:

1
#abaikan-saja-fotonya๐Ÿ˜€

Trus dibawah ini saya lihatkan isi S-Planner saya untuk bulan Oktober & November 2015. Yes, saya ibu rumah tangga full-time dan saya udah punyaย agenda di bulan November (juga Desember & Januari malah). Mostly agenda yang adaย dari sekolahnya si bocah. Dari mulai temu warga Kagama, acara PPI, pengajian IMEA, janji sama dokter, undangan orkestra, Jazz festival di Den Haag, dititipin temennya si bocah, sampe jadwal pengisian pendataan PUPNS juga ada! Dan biasanya yang nyusul terakhir adalah jadwal undangan tea-time antar ibu-ibu sekolahnya si bocah.๐Ÿ˜€

Screenshot_2015-11-02-08-47-34ย ย Screenshot_2015-11-02-08-47-38

What do you think?๐Ÿ™‚

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

2 thoughts on “Learn from the Dutch: Appointment, Plan & Agenda

    1. Kalo saya balik Indo juga bisa jadi zonk lagi kayanya, hahah.. Sekarang buat saya ini helpful banget mas, secara saya orangnya lupaan tingkat tinggi๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s