Posted in anak, hidup di belanda

Hidup di Belanda: Potong rambut sendiri

Habis baca postingan teman blogger saya si Mo disini, lalu terbitlah ide untuk membuat posting serupa. Kreatif kan saya. *trus-dijambak-Maureen*๐Ÿ˜†

Ada nggak ya yang pernah nanya ke saya, “mbak Cetut pas di Belanda ke salon mana?” trus pasti saya jawab, “oh disini saya nggak ke salon”.

The end.๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Saya ceritain dulu deh dimana suami saya potong rambut, ini dia penampakannya. Namanya Herenkapsalon A*han. Sekali potong rambut habisnyaย โ‚ฌ12, hanya untuk cukur dan dikasih semacam aftershave gitu deh. Lumayan mahal ya bok. Tapi karena si ayah kan kerja gitu ya, jadi perlu lah jaga penampilan, jadi saya bilang mending ke tukang cukur aja deh. Di Jogja deket rumah,ย โ‚ฌ1 atau Rp 16.000 sudah dikeramas, dipijit, dicukur, dikasih tonik pulak. *trus gotong barber dari Jogja kesini*ayhan

Trus kalo cewek dimana? Sungguh saya nggak tau. Ada juga cerita teman buibu di sekolah Arga, dan dengerin para blogger yang tinggal disini kalo sekali potong bisa habisย โ‚ฌ25-35, trus saya nggak rela dong ya. Mending duitnya buat beli buku Oxford-nya si bocah atau ditabung siapa tau kan saya diajak main ke Roermond lagi *kode*๐Ÿ˜‰

Ada opsi lain sih, di sekolah ada teman dari Italy yang bisa potong rambut profesional. Doski bisa datang ke rumah, mulai dari potong, styling, blow sampe cukur alis dan dandanin dia mauk. Dan kayaknya sih tarifnya seorangย โ‚ฌ10 doang. Cuman gimanaaa gitu deh. Padahal ya mak, di Jogja ke salon dulu bisa seminggu sekali, mau creambath / hairspa / lulur / scrub / facial / bodyspa, dll nggak bikin bangkrut. Lah disini potong rambut doang langsung pantang makan daging dua mingguย :lol:

Trus Arga gimana? Ya akhirnya emaknya lah yang jadi barber dadakan. Lumayan menantang karena, pertama, si bocah rambutnya tebel banget kayak emaknya, dan kedua, sejak dia bayi kalo saya yang potong rambutnya selalu pake gunting, no cukuran. Makanya lama rampungnya.

Berhubung kemarin habis potong rambut si bocah, sekalian aja saya share disini. Ini dia penampakannya. Tolong abaikan penampakanย ibuย gendut di belakang si bocah yaaa๐Ÿ˜†

Picture1

  1. Siapkan alas (saya pake koran gratisan yang dikirim seminggu sekali, dibentangin trus ditumpuk2 aja buat alas. Pas beresin tinggal gulung trus buang, praktis!)
  2. Siapkan air (bisa pake semprotan atau ciduk, kalok saya. Bingung dapat ciduk dari mana? Saya impor dari Jogja #bodoamat๐Ÿ˜† ). Sisir yang dipake dicelupin ke air sebelum rambut dipotong, biar gampang potong rambutnya.
  3. Bagi rambut menjadi beberapa bagian, trus ikat (atau jepit kalo punya). Poni, samping kanan, samping kiri, belakang atas, tengah dan bawah.
  4. Mulai dari bagian bawah, ambil selapis demi selapis dari yang paling bawah, potong dan ratakan.ย Buka ikatan belakang tengah, rapikan, danย ditrap sekalianย biar tipis. Lanjutkan ke belakang atas.
  5. Area selanjutnya, samping. Ini daerah paling horor, deket telinga. Karena si bocah gelian jadinya malah bikin saya deg-degan mo potong rambutnya. (Suami bilang lebih praktis pake cukuran. Iya saya juga ngerti. Tapi semenjak Arga bayi saya parno pakeย cukuran buat anak kecil).
  6. Bagian terakhir adalah poni, kali ini bisa pake gunting styling (yang kayak buat bikin layer). Tipiskan sesuai selera. Lalu goreng.๐Ÿ˜†

Finish. Ini dia hasil before afternya. Ta daaaa!!!๐Ÿ˜€

Bagian samping.

Bagian depan.

Lumayan kan? Si Cebong sudah ganteng rapi kembali, hihi.๐Ÿ˜†

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

4 thoughts on “Hidup di Belanda: Potong rambut sendiri

Leave a Reply

