Posted in me, office

Mengurusi anak magang

Setelah membaca beberapa artikel teman-teman blogger tentang mencari tempat kerja praktek (atau magang), saya jadi teringat semasa saya bekerja (kok bahasanya gini-gini amat nih ya)๐Ÿ˜† khususnya semasa mengurusi anak-anak kerja praktek di unit kerja saya.

As you may know, saya bekerja di bidang lingkungan hidup (dan kehutanan, sekarang setelah digabung). Selama 2-3 kali dalam setahun kantor kami bisa menerima mahasiswa yang sedang praktek kerja, biasanya dari bidang kesehatan atau lingkungan.

Karena Yang Mulia (mantan) Bos saya maunya terima beres dan saya adalah rantai makanan paling akhir di kantor alias Sang Hangabehi alias kerja dengan tupoksi sakkabeheย telah memberi tugas dan mempercayakan ke saya para anak magang itu, maka biasanya sayalah yang membuat perencanaan, eksekusi pelaksanaan sampai mengevaluasi pekerjaan mereka.

Yang biasanya saya siapkanย adalah:

  1. Indikator penilaian kerja. Untuk kategori penilaian (nilai angka dan huruf). Ini biasanya saya dapatkan dari proposal (atau buku panduan) mereka dari institusi masing-masing dan interview dengan dosen pembimbing dan bocahnya. Terus saya gabungkan juga dengan kebutuhan dan ekspektasi bos kantor. Indikator penilaian kerja biasanya terdiri dari presensi kehadiran, tugas pokok, tugas tambahan dan lain-lain (sikap, inisiatif, dan lain-lain). Ini saya buat SOP dan saya jelaskan di awal sebelum mereka mulai bekerja.
  2. Selama pelaksanaan kerja praktek, tugas saya adalah supervisi harian pekerjaan anak-anak tersebut, meliputi briefing, penjelasan (mulai dari cara fotokopi, pengarsipan sampai operasi alat uji kualitas lingkungan), penugasan (melibatkan mereka di program kegiatan unit kami, seperti uji emisi di DIY atau sampling air sungai), diskusi teknis dan non teknis, evaluasi sampe curhatย masalah cintaย segala. Bangke emangย bocah-bocah kuprit ini dikira kerjaan saya dikit apa ya, berasa ketemu kakak sendiri tiap hari adaaa aja yang dicurhatin๐Ÿ˜†
  3. Supervisi penyusunanย laporan akhir. Biasanya saya diskusi dengan ybs untuk ide dan draft kasarnya, revisi laporan, sampai penilaian laporan akhirnya. Ibu bos yang terhormat tinggal tandatangan.
  4. Penilaian kinerja anak magang disertai gontok-gontokan sama si bos, yang ini biasanya saya diskusikan sama bos, karena dia yang kasih nilai akhir. Enaknya punya indikator penilaian di awal karena itu basis nilainya. Jadi ketika bos ngasih nilai 75 atau B dengan alasan karena “udah bagus nilai segitu buat anak baru mulai kerja” bisa saya tendang ke luar angkasaย tepis dengan indikator tersebut. Saya maunya kasih minimal 80ย buat mereka semua (kalo nggak kebangetan absennya atau sikapnya). Namanya juga baru belajar kerja, belum kerja beneran. Toh saya supervisornya kok. *kibas poni*
  5. Evaluasi dan kasih wejangan kepada para anak magang.

Disini biasanya saya kasih banyak review ke mereka, secara umum saya bilang dalam bekerja tidak selalu butuh otak atau kepintaran. Soft skills juga perlu, kayak misalnya, fotokopi, kirim faks, telpon ke instansi lain untuk konfirmasi, googling dan mencari informasi. Tambahan lagi,ย untuk survive dalam satu tempat kerja, kadang butuh (menjadi) fleksibel. Dan juga, sikap atau attitude dalam bekerja, termasuk inisiatif misalnya entenganย (kalo orang Jawa) orย being helpful. Emang sih kebanyakan anak baru juga paling plonga plongo, tapi kalo sikapnya ramah, menyapa orang yang ditemui, trus sering menawarkan bantuan itu juga nilai plus loh. Penampilan juga perlu diperhatikan, bersih rapi aja cukup kok nggak perlu berlebihan.

Itu aja sik.

Kalo masalah nilai (apalagi honor), udahlah ya, berdoa aja dapat penilai yang murah hati. Seperti saya misalnya.๐Ÿ˜† Just kidding. Sukses ya bagi para pencari kerja (praktek).

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

4 thoughts on “Mengurusi anak magang

Leave a Reply

