Posted in family, Malang, travel stories

Liburan di Malang Day 2. Batu Secret Zoo & Museum Satwa

Lanjut tentang petualangan di kota Malang hari kedua, ya! But before I start, I’m warning you bahwa posting saya kali ini isinya bakalan.. foto semua, heuheheu.

Anyway. Kami menginap di Hotel Ibis Styles Malang. Pagi-pagi buta, si bocah sudah mengajak berenang di kolam renang hotel. Saya cek pool dibuka mulai pukul 06.00 dan jam SEGITU juga si bocah mengajak berenang. Sama bapaknya tentunya. Saya mah balik kamar selimutan lagi, ogah ย :lol:๐Ÿ˜† Selesai berenang, kami sarapan dan menunya seperti biasa cukup beragam. Pagi itu si bocah minta bubur ayam, buah-buahan dan jus. Lumayan mengenyangkan lah pokoknya.

Seusai sarapan kami balik ke kamar, saya beberes barang-barang yang mau dibawa buat petualangan hari ini. Cukup baju ganti si bocah dan ransum sebagai bekal seadanya, toh disana juga banyak tempat makan sih. Sambil mengingat peta ke arah Batu dan menyasar dua kali dan bertanya ke orang di jalan dua kali, akhirnya kami tiba di lokasi. Dari luar sih yang tampak beda hanya keberadaan Eco Green Park yang tahun 2012 lalu belum ada. Karena kami nggak yakin kuat pergi ke tiga lokasi, makanya kami beli saja tiket terusan Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Sayangnya lagi ngga ada promo (biasanya bayar dengan kartu debit/kredit bank tertentu ada diskon), silakan cek dulu di website nya yaa. Tiket terusan BSZ & Museum Satwa untuk weekday adalah 75k IDR/pp.

Setelah dipakaikan gelang di pintu masuk, maka kami masuk melewati gate sanitasi. Si bocah sih kalem aja lihat hewan-hewan, tapi berhentiย di setiap papan pertanyaan dan teka-teki “Tahukah Anda?” yang menguak fakta-fakta seputar satwa. Mungkin anak usia 6 tahun lebih antusias dan excited disitu, ya.

Lanjut lagi perjalanan dan lokasi untuk memberi makan satwa yang pertama adalah Kalong. Si bocah berani banget tanpa diminta, tanpa gandeng langsung mengambil garpu dan menyuapi para kalong dengan buah pepaya. Bigย boy.

Terus kami lanjut ke area Aquarium. Disini saya malah lebih tertarik mencoba kamera hp baru, yang terbukti oke bingits buat memotret para ikan.

Lalu kami terhenti di depan satu aquarium. Terhenyak melihat… kelinci laut di tengah para ikan yang berenang-renang! Sampe kami berdiri lama banget disitu dan nungguiin si kelincinya bergerak dengan nggak yakin, itu beneran kelinci? Lucu amat yak!๐Ÿ˜€

20160803_105803

Habis itu keluar dari lokasi Aquarium. Dan mendapati bahwa matahari bersinar dengan sempurna dan membuat foto-foto wefie maupun selfie menjadi makin.. ciamik.๐Ÿ˜† Si bocah lanjut memberi makan satwa selanjutnya, yakni Jaguar. Sampe saya mikir, duile berani amat ini bocah, gak ada takut-takutnya! *emak cemen*

Lalu sesi foto berlanjut…๐Ÿ˜†

Lagi dan lagi..๐Ÿ˜†

Dan akhirnya sampai di wahana yang seru! Di lokasi playground ini yang pertama kali kami datangi adalah Driving School. Untunglah si bocah sudah masuk kriteria tinggi badan dan karena hari masih pagi, jadi masih sepi, dia bisa lama belajar naik mobil sepuasnya!๐Ÿ˜€

Dan masih banyak wahana lain yang for free. Termasuk waterpark, dan tentu saja si bocah langsung mau nyebur ke wahana tersebut. Emaknya sih udah yakin aja bawa baju ganti, eeh handuknya dong nggak bawa. Akhirnya beli handuk yang berbordirkan Batu Secret Zoo warna merah. Lumayanlah sekalian buat si bocah besok ikut les berenang.

Karena udah siang dan tenaga udah mulai habis, kami sempat berhenti buat makan siang di food courtnya. Pertama kami pesanย cemilan pembuka makan siangย berupa mendoan dan tahu gorengย seharga 10k IDR dapat 4 pieces, yang ternyata enyak!

Terus, kami pesan fried chicken buat si bocah, yamie buat si ayah dan karaage buat saya. Porsi fried chicken nya lumayan banget. Yamie nya so-so. Terus karaage nya.. beda banget sama yang difotonya, karena ternyata begitu datang ukuran karaagenya adalah segede kuku jempol saya dan jumlahnya diitung cuman 8 biji. Overpriced banget dengan harga 20k IDR. *kecewa*

Dan masih banyak lagi wahana2 lainnya, seperti boom boom car yang si bocah ngantri main sampai empat kali omg *tutup muka* Semuanya seru buat dicobain dan tentunya gratis๐Ÿ˜€ Yang enggak cuman naik kuda, tapi itupun cuma 10k IDR apa ya *masih murce*

Terus lanjut ke farm animal park. Disini kami beli wortel satu wadah untuk memberi makan hewan yang ada di dalam. Ternyata oh ternyata, hewannya banyak amat dan mereka deket banget sama muka kita, kelaparan pula semua, jadi wortel habis dalam waktu setengah perjalanan. Tau gitu kita beli dua wadah ya.

Habis itu masih main lagi!

And that’s the end of Batu Secret Zoo. Keren sumpah, puas dan worth it banget masuk sini!๐Ÿ˜€

Setelah itu kami langsung ke Museum Satwa yang terletak di sebelahnya. Mau nunjukin ke si bocah sih tentang Dinosaurusnya. Sisanya ya foto-foto gitu. Not much to see and not much to tell.

Kelar di Jatim Park 2, saya minta suami untuk mampir ke Alun-Alun Kota Batu, tujuannya mau makan Ketan di Pos Ketan Legenda yang ada di sana. Setelah parkir di lokasi alun-alun, si bocah malah terhibur melihat… atraksi topeng monyet. Oalah, baru pertama kali lihat sih ย ya๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Alun-alun nya bersih dan nyaman buat duduk-duduk santai. Rame banget tapi nggak berasa sesak sih. Terus kita lanjut ngantri beli ketan di Pos Ketan Legenda. Pesan Ketan Keju Susu sama Ketan Durian. Harga ketannya antara 6-16k IDR. Yang kami pesan dua-duanya enak dan sampe tandas makannya.

Mulai dari sini petualangan semakin seru.

Kelar makan ketan di Alun-alun Batu, kita berencana langsungย balik ke hotel Ibis yang ada di kota Malang. Perjalanan pulang pun saya nanya ke suami, masih inget nggak jalan ke arah kota? Iya gampanglah katanya. Jadi saya juga nggak pake GoogleMaps, dan si bocah juga udah ngantuk ketiduran aja di tengah boncengan. Cuaca mendingin banget sore itu. Padahal si bocah pake celana pendek, jadi dia duduk di tengah sambil saya peluk. Dan di tengah jalan, tiba-tiba suami memutuskan untuk…

lewat jalan alternatif.

Yang mana jalan utama aja kami sempat nyasar dan nanya ke orang. Dua kali pula.

Terus jalan alternatif itu, semakin naik ke puncak bukit, semakin nggak ada rumah dan cahaya, cuman hutan dan pepohonan, sementara lamat-lamat terdengar adzan maghrib berkumandang entah dari mana, di tengah jalan tanpa lampu jalan ini, kami… out of nowhere.

Biyung.

Rasanya pengen saya getok suami saya.

Setelah lama komat-kamit berdoa, akhirnya jalanan kembali menurun. Pokoknya kembali lah ke jalan raya. Dan ternyata ujung jalan alternatif itu nggak jauh lah dari tempat kami masuk tadi. Cuman naik bukit turun bukit jatuhnya disitu-situ juga.

*akika emosi jiwa*

Sudahlah.

Akhirnya setelah perjalanan yang lebih lama ditempuh dari perjalanan pergi, kami sampai ke hotel. Mandi, ganti baju dan walaupun capek pake banget, harus tetep sempatin makan malam. Akhirnya kami mencoba menyeberangi jalan dan malah menemukan warung cabang Hot Cui Mie Gloria! Kami pesan hot cui mie ayam untuk suami dan udang untuk saya, dan salah satu mie yang nggak pedas untuk si bocah. Harganya sekitar 19-22 k IDR per porsinya. Rasanya enak banget lah pokoknya, cocok juga di lidah si Ayah.

Seru seru greget petualangan hari ini! Tapi overall saya gembira banget dapat ketan dan hot cui mie๐Ÿ˜€ Akhirnya kami kembali ke hotel untuk beristirahat dan bersiap untuk another adventure esok hari. Ikuti cerita selanjutnya, ya!๐Ÿ™‚

P.S.:

Oh iya, tips bagi yang mau main ke siniย dan membawa anak:

  1. Pakai pakaian yang nyaman untuk diri sendiri dan terutama untuk anak. Saya cukup pakai kemeja tipis, celana jins dan sandal yang nyaman buat jalan seharian. Si bocah saya pakaikan kaos kaki dan sepatu biar nggak lecet kakinya dan lebih nyaman. Bawa jaket atau celana panjang dan payung, just in case cuaca jadi dingin.
  2. Baju ganti satu set dan handuk kecil sudah cukup (dan bila dirasa perlu). Di sana juga ada toko merchandise kalau kelupaan bawa kaos, baju dalam, handuk, dll.
  3. Bawa minum yang cukup dan bekal seperlunya aja. Ada tempat makan kok di lokasi, lumayan. Kalau keliling dengan bawaan berat untuk rute seheboh itu juga bikin pegel pundak soalnya.
  4. Bisa menyewa e-bike dengan tarif 100k IDR untuk 3 jam. Kalau capek berkeliling, jangan paksakan diri. Istirahat duduk, minum yang cukup, vitamin kalau perlu untuk menjaga stamina. Kalau saya total dalam sehari bisa jalan kaki lebih dari 10 km untuk keliling dua lokasi ini.

Author:

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ in ๐Ÿ‡ณ๐Ÿ‡ฑ โ€ข wife&mom ๐Ÿ‘ช โ€ข parent teacher ๐Ÿซ โ€ข seasonal shopaholic ๐Ÿ‘œ๐Ÿ‘  โ€ข bookworm ๐Ÿ“– โ€ข dramafreak ๐ŸŽฌโ€ข bigeater ๐Ÿ๐Ÿฃ๐Ÿฐ โ€ข aspiring blogger ๐Ÿ“

One thought on “Liburan di Malang Day 2. Batu Secret Zoo & Museum Satwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s