Hidup di Belanda

Halaman ini berisi tulisan saya tentang pengalaman kami sekeluarga selama tinggal dan hidup di Belanda. Enjoy🙂

First Day in Enschede

Sunday, September 15th 2013. Tepat di ulang tahun saya yang ke-30, saya menginjakkan kaki yang pertama kalinya di Benua Eropa, tepatnya di Negara Belanda. Berikut detik demi detik *halah* pengalaman saya pada waktu kedatangan saya di Bandara Schiphol, Amsterdam. Read more..

Housing di Enschede: de Stadsweide

2014_De StadsweideHola halo! Kali ini, keinginan share lagi adalah untuk share tempat tinggal kami di Enschede.. *penting* dan keinginan yang sangat besar ini justru datang disaat deadline statistic assignment (=distraction) *nangis*

Okelah. Untuk saat ini marilah kita turuti T-T

Saya tinggal di City of Enschede yang terletak di Overijsel Province, di bagian paling timur Belanda yang berbatasan langsung dengan Jerman. Read more..

Kuliah di Belanda: Education System

000001

Ada beberapa hal tentang sistem pendidikan yang cukup berbeda berdasarkan pengalaman saya antara perkuliahan di Indonesia (S1 di Jogja) dan di Belanda (S2 di ITC). Berikut catatan saya.

Read more..

VIP Cards (to live) in the Netherlands

001

Verblijf atau Residence Permit. A definitely super important card, its your life, in terms of the legality of your presence in Europe. This verblijf depends on how long we stay here, for a master student (18 months) like me, my Verblijf is valid for 21 months (18 months study and 3 months spare).

Read more..

Barang-barang yang ada & nggak ada di Belanda

Hayhay.. how are you, pretty people?😉

yang ada
barang-barang yang bisa ditemui dengan mudah di Belanda

Lama tak menulis, meski begitu kabar saya baik-baik aja. As posted before, alhamdulillah program master saya sudah selesai. Namun saya belum (bisa) pulang. Akan pulang dalam beberapa minggu kedepan. Trus ngapain aja? Yah, biasa, menikmati musim semi, bunga bermekaran dan matahari di Eropa. *sambil-kibas-poni*

*terus-ditampar-yang-baca*

Read more..

Sekilas tentang biaya hidup untuk keluarga

belanjabulanan
(perkiraan) belanja bulanan keluarga di enschede tahun 2013-2015

Setelah postingan saya yang sangat tidak penting mengenai (beberapa) barang yang ada, sulit ditemui dan tak ada di Belanda disini, maka kali ini saya mencoba bikin perkiraan (kasar) tentang biaya hidup kami di Belanda per bulan.

Referensi untuk income requirement bisa dilihat di website IND (https://www.ind.nl/particulier/familie-gezin/kosten-inkomenseisen) yang (pada saat postingan ini ditulis) berlaku sejak 1 Januari 2015 (bisa berubah tiap tahunnya). Read more..

Groceries Shopping, Belanja Bahan Makanan di Belanda

cimg4265Halo lagi. Nampaknya hasrat untuk posting hari ini masih cukup menggebu. Jadi daripada saya klisikan enggak bisa diem, mending saya bagi sekalian another detail tidak penting tentang hidup di Belanda versi saya.😆

Setelah sebelumnya saya share ini dan ini, maka kali ini saya akan share tentang groceries shopping mingguan/bulanan yang biasa kami sekeluarga lakukan. As you may know that setiap minggu, di kota tercinta Enschede ini ada dua kali pasar tiban atau open markt yaitu tiap hari Selasa dan Sabtu. Read more..

Persiapan hidup di Belanda: List barang yang mau dibawa balik ke Belanda

Setelah memiliki pengalaman jalan Indo-Belanda pp, kali ini saya share tentang persiapan untuk keberangkatan kami yang selanjutnya ke Belanda untuk menemani suami menyelesaikan studi S3-nya.

Sempat (dan selalu) jadi perdebatan diskusi panjang tentang barang bawaan ini deh. Saya gak mau rugi, suami ga mau repot. Read more..

Edisi Shopaholic goes to Europe (alias belanja): Ochtrup – Ratingen – Roermond 

ochtrupBagi yang tidak sudi diracuni, feel free to skip postingan kali ini, ya. 100% racun😆Jadi selama saya tinggal disini hampir 2 tahun lamanya, entah sudah berapa kali saya belanja (non kebutuhan pokok), seperti gombal (baca: baju), aksesoris, tas sepatu, dan lain-lain. Kali ini saya sampaikan tiga tempat favorit saya untuk menuruti hasrat gila shopping. Read more..

Etika titip menitip barang dari dan/atau ke luar negeri

Teman-teman yang pernah merasakan hidup atau jalan-jalan di luar negeri pasti aware sama topik ini. Ga hanya ke luar negeri, kadang dinas ke luar kota pun juga sering sekali saya mengalami titip menitip, apakah itu oleh-oleh atau barang yang lainnya. Apakah memang budaya Indonesia begitu ya?

Sejujurnya saya pribadi nggak alergi untuk jadi korban titipan dititipi, karena terkadang saya juga suka nitip ke teman (yang saya kenal baik tentunya). Tapi ya itu, ngrumangsani kalo kata orang Jawa. Read more..

Lebaran di Belanda

Sholat Ied, Silaturahmi dan Makan-makan (disini).

Perayaan di Masjid Maroko (disini).

Mengatur rumah tangga tanpa ART

Di instagram baru saja saya posting tentang perayaan ulang tahun teman sekolah anak saya, sebutlah namanya L. Si L ini dari Jerman, saya pun lumayan deket sama ibunya karena kami sama-sama tergabung di PTO (Parent-Teacher Organization) sekolah. Si mommy, Mrs. K, hobbynya baking. Keren banget deh. Pernah satu kali dia bikin apple crumble yang katanya produk gagal tapi nyatanya enaknya bukan main. Lain kali sama saya yang sekalinya manggang cookies aja gosong😆😆😆

Btw,, tadi saya mau cerita apose?😆 *digebuk*

Read more..

Pengalaman mensublet rumah di Belanda

Hola! Apa kabar, semuanya? Alles goed?:)

Saya yang sedang niet goed.

Opo jal.

Kali ini saya mau berbagi cerita tentang pengalaman pertama kami men-sublet rumah di Belanda. Selama kami balik ke Indonesia selama summer 2015, sekitar 2 bulan lamanya, rumah kami di Belanda kami subletkan ke orang lain (sublet means to lease a property from a tenant to subtenant). Read more..

A little adventure & a nice tea-party

2015_Eunyoung2Hi pretty people, how are you? Hope you all are doing fine. Enschede is a bit gloomy this morning, like yesterday. I began to miss all of the everyday-sunshine back in Indonesia *deepbreathe*

Anyway. For now I would like to share about my so-called “little” adventure and the nice tea-date with my ladies. As you may know that I have finished my master study and now I have my relaxing times enjoying sun (if any) every single day.😆😆😆 Read more..

Becoming sick abroad: Gimana kalau sakit dan perlu berobat di Belanda?

20151014_170402Kebetulan di grup PPI di fb lagi agak hangat topik tentang dokter dan IGD disini. Pernah dengar (atau baca di blog) kah tentang sulitnya proses berobat dan meminta obat ke dokter di Belanda? Sebelum menulis ini pun saya mencoba browsing dan membaca beberapa blog tentang pengalaman berobat di Belanda. Dan saya nemu ilustrasi bangke ini nih *miris* *tapi* *ngakak* :lol:😆😆 Read more..

Menyewa rumah di Enschede, Belanda

Hayhay, apa kabar semuanya? Lama ngga nge-blog nih saya, soalnya seminggu kemarin liburan sekolah untuk autumn holiday. Fufufu.

bombazAnyway, kali ini saya mau bahas tentang tempat tinggal yakni tentang menyewa rumah di Enschede Belanda. As you may know that tahun pertama kami tinggal disini difasilitasi pihak International Office dari kampus untuk student housing di de Stadsweide (pernah saya tulis disini). Apartemen tersebut praktis untuk both students-spouse seperti kami karena sudah half-furnished, all in (internet and service costs) dan ada cleaning services seminggu sekali. Lokasinya pun dekat -5 menit jalan kaki- dari centrum (pusat kota). Read more..

Temu Warga Kagama Belanda di Groningen

Kali ini Keluarga Besar Alumni Universitas Gadjah Mada Cabang Khusus Belanda atau lebih praktisnya KagamaNL bikin acara lagi di Groningen, setelah acara Temu Kagama dengan Ketua Umum Kagama Ganjar Pranowo yang pernah saya share disini.

IMG-20151121-WA0013

Kali ini acaranya full makan-makan dan senang-senang lebih ke kekeluargaan dan silaturahmi. Acara dimulai dengan perkenalan (lagi) masing-masing anggota, yang makin lama makin kemana ngomongnya😀 Read more..

Etika ketika diundang ke rumah orang

Hi, apa kabar semuanyaaa.. Sudah lama ya sejak update yang terakhir, biar bagaimanapun saya kaget lihat statistik blog saya yang (alhamdulillah) lumayan stabil.

Kali ini, saya mau share tentang bersosialisasi di kancah internasyenel *halah* Walaupun pengalaman saya seuprit dan teman saya dikit, boleh lah ya saya bagi sedikit pengalaman saya ketika diundang oleh teman saya yang berasal daridunia negara lain, baik untuk sekedar a cup of coffee, lunch atau dinner, atau undangan ulang tahun. Read more..

Say Goodbye

2016_DUTCH_GOODBYEHi all! Kali ini saya mau share tentang how to say goodbye kepada teman yang akan kembali ke negara masing-masing. Kebiasaan ini ada di lingkungan sekolah anak saya, International School Twente. Pertama kali saya dipamiti oleh salah seorang teman dari South Africa, Mrs. N. Saya tahu dari grup whatsapp IST Mums dengan topik:Leaving Bunting.

Apa pula Leaving Bunting itu? Ini dia. Read more..

Perayaan Ulang Tahun Anak-anak 

Karena sebentar lagi si kecebong ulang tahun, mau tidak mau emaknya yang kepikiran mau bagaimana. Bapak kecebong? Nada. Kalau buat beginian, suami mah orangnya seterah aja, asal minim budget. *lah*  Lagian bapak kecebong juga ulang tahunnya samaan sama si bocah, jadi deh si emak pusingnya dobel.

Daripada pusing mikirin besok mau gimana, mending saya share aja deh gimana perayaan ulang tahun anak di Belanda yang kami alami selama ini. Kebanyakan teman-temannya si bocah memang dari sekolah internasional sik, bukan Dutch, jadi merayakannya juga suka-suka kita. *trus-ngapain-di-share*😆 Read more..

Dibuang sayang

img-20160408-wa0000.jpg

Pagi ini, sepulang mengantar anak ke sekolah, ada yang menarik perhatian kami. Ini dia. Read more..

 

 

Pengalaman potong rambut (anak) sendiri

Picture1Habis baca postingan teman blogger saya si Mo disini, lalu terbitlah ide untuk membuat posting serupa. Kreatif kan saya. *trus-dijambak-Maureen*😆

Ada nggak ya yang pernah nanya ke saya, “mbak Cetut pas di Belanda ke salon mana?” trus pasti saya jawab, “oh disini saya nggak ke salon”.

Finish.😆😆😆 Read more..

Mencari sekolah anak di Belanda (part 1)

Hai! Sore hari menjelang malam di Enschede, dan tetangga sebelah rumah saya masih pada sehat dan luar biasa berisik ramai banget party seharian, mungkin karena cuacanya cerah banget hari ini. Akhirnya musim semi kembali😀 Anyway, apa kabar kalian?

Karena hari ini adalah Hari Pendidikan Nasional di Indonesia (di Belanda masih 02 Mei ini!😀 ), maka saya mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional! Dan kali ini, saya berjuang untuk menulis tentang pengalaman (dan sedikit pengetahuan) saya dalam mencari sekolah anak di Belanda. Read more..

Memilih sekolah anak di Belanda (part 2)

Setelah tulisan saya tentang mencari sekolah anak di Belanda part 1 disini, sekarang saya lanjut sharing tentang pengalaman saya untuk memilih sekolah bagi anak saya.

Yang sudah baca part 1 pasti sudah tau sekarang, ada pilihan sekolah dan ada konsekuensi dari masing-masing. Bagi saya pribadi, ini berbagai pertimbangan saya ketika akhirnya kami memutuskan untuk menyekolahkan anak di International School. Read more..